Jepang Temukan 200 Juta Ton Logam Langka di Dasar Laut, Mengandung Kobalt dan Nikel

| 24 Jun 2024 18:45
Jepang Temukan 200 Juta Ton Logam Langka di Dasar Laut, Mengandung Kobalt dan Nikel
Logam langka Jepang (Dok. Nippon Foundation)

ERA.id - Lebih dari 200 juta ton batuan logam langka ditemukan di dasar laut pulau Jepang. Batuan langka itu disebut juga mengandung kobalt dan nikel.

Nippon Foundation dan Universitas Tokyo berencana untuk memulai uji coba penambangan bintil yang ditemukan di Pulau Minamitori, yang juga mengandung sejumlah besar kobalt dan nikel, mulai tahun 2025 dengan tujuan komersialisasi.

"Sumber daya ini sangat penting bagi keamanan ekonomi. Kami bertujuan untuk mengangkat 3 juta ton setiap tahunnya, melanjutkan pengembangan sambil meminimalkan dampak terhadap lingkungan laut," kata Yasuhiro Kato, seorang profesor yang berspesialisasi dalam geologi sumber daya di universitas tersebut, dikutip Kyodo News, Senin (24/6/2024).

Sebuah survei terhadap lebih dari 100 lokasi dasar laut yang dilakukan oleh tim antara bulan April dan Juni tahun ini, menggunakan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh pada kedalaman 5.200 hingga 5.700 meter, mengkonfirmasi adanya ladang yang sangat padat yang berisi sekitar 230 juta ton bintil mangan di area seluas sekitar 10.000 kilometer persegi.

Nodul mangan, yang mengandung logam langka seperti kobalt dan nikel, biasanya berdiameter antara 5 hingga beberapa puluh sentimeter dan diyakini terbentuk selama jutaan tahun ketika logam yang diangkut di lautan menempel pada inti seperti tulang ikan di dasar laut.

Berdasarkan analisis sampel yang dikumpulkan, tim memperkirakan deposit tersebut mengandung sekitar 610.000 ton kobalt, cukup untuk mendukung konsumsi Jepang selama kurang lebih 75 tahun, dan sekitar 740.000 ton nikel, setara dengan sekitar 11 tahun konsumsi dalam negeri.

Tim tersebut berencana untuk melakukan uji coba penggunaan kapal penambangan luar negeri untuk mengangkat beberapa ribu ton bintil setiap hari mulai tahun 2025 dan untuk membangun kerangka kerja komersialisasi bekerja sama dengan sektor swasta.

Konsentrasi bintil mangan pertama kali ditemukan selama survei tahun 2016 di area yang sama yang dilakukan oleh tim yang terdiri dari anggota universitas dan Badan Sains dan Teknologi Kelautan-Bumi Jepang.

Survei terbaru juga menemukan beberapa bintil mangan terbentuk di sekitar gigi megalodon, hiu prasejarah terbesar yang pernah hidup.

Pulau Minamitori, yang terletak sekitar 1.800 km dari Tokyo, tidak memiliki penduduk sipil, dan satu-satunya penghuninya adalah anggota Pasukan Bela Diri Maritim Jepang dan personel pemerintah.

Ada harapan besar bahwa berbagai mineral tanah jarang yang berharga, termasuk mineral penting untuk produk teknologi tinggi, dapat ditemukan di dasar laut dalam zona ekonomi eksklusif seluas 430.000 km persegi yang mengelilingi pulau tersebut.

Rekomendasi