9 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Singapura dan Bisa Melanggar Hukum

| 04 Jul 2024 09:03
9 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Singapura dan Bisa Melanggar Hukum
Hal yang tidak boleh dilakukan di singapura (freepik)

ERA.id - Singapura adalah negara di Asia Tenggara yang terkenal dengan kebersihannya, keteraturannya, dan aturannya yang ketat. Untuk itu, bagi Anda yang ingin berkunjung ke Singapura, penting untuk mengetahui beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di Singapura.

Artikel ini bertujuan Anda Anda bisa terhindar dari denda atau bahkan hukuman yang lebih berat. Dilansir dari Hospitality Insights, berikut beberapa hal yang perlu diingat ketika di Singapura:

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Singapura

  1. Budaya Memberi Tip Tidak Lazim

Tidak seperti di negara-negara lainnya, di Singapura, tidak perlu memberi tip kepada staf perhotelan. Sebagai gantinya, pajak barang dan jasa (GST) sudah termasuk dalam setiap tagihan, sehingga Anda tidak perlu memberikan tambahan uang tip.

  1. Jangan Buang Sampah Sembarangan

Singapura dikenal sebagai "Kota Denda" karena ketatnya penegakan aturan kebersihan. Denda untuk membuang sampah sembarangan bisa mencapai $1.000, disertai dengan hukuman kerja sosial.

Untuk itu, pastikan Anda membuang sampah pada tempatnya untuk menghindari denda yang tinggi.

  1. Jangan Mengunyah Permen Karet

Perlu diketahui, penjualan dan impor permen karet adalah ilegal di Singapura. Pengunjung bahkan tidak bisa membawa permen karet saat masuk ke negara ini. Sebagai alternatif, Anda bisa membawa permen mint.

Permen Karet Ilegal di Singapura (freepik)
  1. Jangan Makan atau Minum di Transportasi Umum

Untuk menjaga kebersihan transportasi umum, makanan dan minuman tidak diperbolehkan di dalam kendaraan. Untuk itu, Anda harus menyelesaikan makanan atau minuman sebelum naik transportasi umum untuk menghindari denda.

  1. Jangan Menyeberang Jalan Sembarangan

Menyeberang jalan di luar area yang ditentukan (jaywalking) dapat dikenai denda atau hukuman lainnya. Untuk itu, selalu gunakan penyeberangan yang ditandai untuk keselamatan dan menghindari pelanggaran hukum.

  1. Merokok Hanya di Area yang Ditentukan

Keenam, merokok dilarang di banyak area di Singapura. Merokok hanya diperbolehkan di area yang telah ditentukan. Pastikan Anda mengetahui di mana area tersebut dan membuang puntung rokok dengan benar.

  1. Jangan Menggunakan Narkoba

Sama dengan Indonesia, bedanya Singapura memiliki hukum yang sangat ketat terkait narkoba. Pelanggaran terkait narkoba, bahkan dalam jumlah kecil, dapat mengakibatkan hukuman berat. Untuk itu, jangan mencoba membawa zat terlarang ke Singapura.

  1. Pahami Hukum Terkait Alkohol

Usia legal untuk mengonsumsi alkohol di Singapura adalah 18 tahun. Kemudian minum di area publik antara pukul 22.30 hingga 07.00 juga dilarang. Bahkan, minum di tempat berlisensi setelah pukul 23.59 hingga 06.00 juga dilarang.

Selain itu, beberapa area memiliki periode larangan minum di tempat umum dari pukul 22.30 Jumat hingga pukul 07.00 Senin. Maka dari itu, pastikan Anda memahami hukum ini untuk menghindari pelanggaran.

  1. Jangan Membawa Rokok ke Singapura

Baik pengunjung maupun penduduk lokal yang kembali dari luar negeri tidak diperbolehkan membawa rokok ke Singapura. Bahkan bea cukai akan memeriksa bagasi untuk memastikan tidak ada rokok yang dibawa masuk.

Selain itu, rokok yang dibeli di Singapura dikenakan pajak dan biaya, yang membuatnya mahal tetapi masih lebih murah daripada terkena denda.

Selain hal yang tidak boleh dilakukan di singapura, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : hukum singapura
Rekomendasi