Skandal Tas Mewah Ibu Negara Korea Selatan, Istri Mantan Anggota DPR Diperiksa Jaksa

| 02 Jul 2024 17:12
Skandal Tas Mewah Ibu Negara Korea Selatan, Istri Mantan Anggota DPR Diperiksa Jaksa
Kim keon hee (Dok: instagram/sukyeol.yoon)

ERA.id - Istri mantan anggota DPR AS keturunan Korea-Amerika Jay Chang Joon Kim diperiksa oleh jaksa sehubungan dengan skandal tas mewah yang melibatkan ibu negara Korea Selatan, Kim Keon Hee.

Sumber dari Kejaksaan Distrik Pusat Seoul menginterogasi Jennifer Ahn, istri mantan anggota DPR Jay Chang Joon Kim, secara langsung pada akhir bulan lalu sebagai saksi skandal tas mewah ibu negara.

Pemeriksaan terhadap Ahn ini fokus pada keadaan di balik dugaan penyampaian permintaan pribadi sang suami kepada ibu negara melalui Choi.

Jaksa dilaporkan berencana untuk meninjau apakah akan menanyai ibu negara sendiri, serta bagaimana dan kapan interogasi harus dilakukan jika dianggap perlu.

Diketahui Kim memiliki kedekatan dengan pendeta Korea-Amerika Choi Jae-young, yang diduga memberikan hadiah tas Dior senilai 3 juta won (Rp35 juta) kepada Kim Keon Hee. Choi diketahui sempat mengajukan permintaan pribadi kepada ibu negara atas namanya sebagai imbalan atas tas mewah dan produk kosmetik mewah lainnya yang diberikan kepadanya.

Choi mengatakan permintaan ini termasuk menunjuk Kim sebagai salah satu penasihat senior urusan negara untuk presiden dan mengamankan pemakamannya di pemakaman nasional.

Pendeta tersebut berargumen bahwa dia dirujuk ke salah satu pembantu dekat ibu negara untuk membahas permintaan pemakaman tersebut, meskipun permintaan tersebut pada akhirnya tidak dipenuhi karena politisi Korea-Amerika tersebut tidak memenuhi persyaratan untuk pemakaman nasional.

Rekomendasi