Korea Utara Kecam Pembuangan Air Radioaktif Nuklir oleh Jepang di Samudera Pasifik

| 11 Jul 2024 07:10
Korea Utara Kecam Pembuangan Air Radioaktif Nuklir oleh Jepang di Samudera Pasifik
Korut kecam jepang (Antara)

ERA.id - Korea Utara mengecam pelepasan tambahan air radioaktif yang telah diolah dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima. Korea Utara menilai air radioaktif itu membawa bencana nuklir yang mengerikan.

Menurut laporan KCNA, Korea Utara menilai peningkatan radioaktif dekat pembangkit listrik Fukushima terjadi sejak pembuangan air olahan tersebut. Korea Utara pun mengecam Jepang karena membuat pernyataan soal air limbah itu telah dikelola dengan aman.

"Umat manusia tidak dapat menghindari bencana nuklir yang mengerikan akibat tindakan Jepang yang memalukan dan tidak bertanggung jawab karena membuang air terkontaminasi nuklir," demikian pernyataan tersebut.

Jepang mulai melakukan pembuangan air radioaktif olahan gelombang ketujuh ke Samudera Pasifik pada akhir Juni lalu. Pembuangan air radioaktif itu disebut akan berlanjut hingga 16 Juli mendatang.

Pada Agustus 2023, Jepang mulai membuang air olahan tersebut, setelah lebih dari 12 tahun, tiga reaktor nuklir di pembangkit Fukushima mengalami kerusakan hebat akibat gempa dahsyat.

Lebih lanjut, Korea Utara menyatakan dunia tidak boleh mentolerir langkah Jepang untuk "meremehkan" kejahatannya dengan dalih yang tidak masuk akal.

Rekomendasi