Mengenal Secret Service yang Dicap Gagal Amankan Donald Trump

| 15 Jul 2024 23:00
Mengenal Secret Service yang Dicap Gagal Amankan Donald Trump
Apa itu secret service (freepik)

ERA.id - Ketika menonton televisi, Anda pasti sering melihat orang-orang berpakaian rapi dengan kacamata hitam yang selalu mengelilingi Presiden Amerika Serikat yang disebut dengan secret service. Lantas apa itu secret service?

Lebih dari sekedar pengawal presiden, Secret Service memiliki peran krusial dalam menjaga stabilitas Amerika Serikat. Artikel ini akan membahas beberapa fakta menarik terkait dengan secret service presiden.

Apa itu secret service?

Dilansir dari laman resminya, Secret Service adalah salah satu lembaga penegak hukum federal tertua di Amerika, yang awalnya didirikan pada tahun 1865 untuk memberantas pemalsuan yang merajalela guna menstabilkan sistem keuangan Amerika.

Perlu diketahui, pada akhir Perang Saudara, hampir sepertiga dari seluruh mata uang yang beredar adalah palsu. Akibatnya, stabilitas keuangan negara terancam. Untuk mengatasi masalah ini, Secret Service didirikan pada tahun 1865 sebagai biro di Departemen Keuangan untuk menekan pemalsuan yang meluas.

Hingga kemudian, setelah pembunuhan Presiden McKinley pada tahun 1901, Secret Service ditugaskan untuk memberikan perlindungan penuh waktu kepada Presiden Amerika Serikat.

Seiring berjalannya waktu, misi perlindungan yang dilakukan oleh Secret Service telah diperluas melalui perubahan undang-undang, Presidential Decision Directives, Homeland Security Presidential Directives, National Security Presidential Directives, dan berbagai Perintah Eksekutif.

Tugas dari Secret Service pun meluas, dan sejak tahun 1970 juga bertanggung jawab untuk melindungi kedutaan besar dan konsulat asing di dalam dan sekitar area Washington, D.C.

Perluasan terbaru dari misi perlindungan Secret Service terjadi pada tanggal 20 Mei 1998 dengan dikeluarkannya Presidential Decision Directive 62 (PDD 62). PDD 62 menetapkan Secret Service sebagai lembaga federal utama yang mengkoordinasikan pengembangan dan pelaksanaan rencana keamanan untuk National Special Security Events (NSSEs).

Sejak saat itu, NSSEs mencakup beberapa tugas seperti konvensi partai politik besar, pelantikan Presiden, pertemuan puncak para pemimpin dunia, pertemuan organisasi internasional (seperti Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa), acara olahraga nasional dan internasional utama, Pidato Kenegaraan, pemakaman kenegaraan, dan acara-acara lain yang memiliki kepentingan nasional.

Secret Service Gagal Mengamankan Trump (freepik)

Secret Service Gagal Mengamankan Trump

Baru-baru ini penembak jitu melukai Donald Trump dan membunuh seorang pemadam kebakaran lokal. Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa sebuah bangunan yang berada dalam jarak 1.000 yard dari mantan presiden tidak diamankan cukup ketat.

Upaya pembunuhan terhadap Donald Trump saat ini, terakhir dilakukan 43 tahun yang lalu terhadap Presiden Ronald Reagan.

Pada waktu itu, Reagan terluka dalam penembakan pada bulan Maret 1981 di sebuah hotel di Washington, D.C. Sebelumnya, pada tahun 1975 seorang anggota sekte Keluarga Manson mencoba menembak Presiden Gerald Ford dari jarak dekat di Sacramento, California tetapi gagal memasukkan peluru ke dalam senjata.

Dilansir dari USA Today, Secret Service telah mengkonfirmasi bahwa mereka sedang melakukan penyelidikan terhadap seorang pria bersenjata dengan senapan bergaya AR.

Meskipun demikian, peluru yang melukai Trump tersebut masuk dalam kegagalan epik dari salah satu tugas utama agensi dalam melindungi VIP. Hingga kini, FBI, polisi negara bagian, dan Kongres AS juga masih berusaha menjawab banyak pertanyaan yang berputar-putar.

Selain apa itu secret service, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi