Australia Dilanda Gangguan Jaringan, Sistem Perbankan hingga Penerbangan Terkena Dampak

| 19 Jul 2024 15:25
Australia Dilanda Gangguan Jaringan, Sistem Perbankan hingga Penerbangan Terkena Dampak
Gangguan jaringan Australia (X/Sydneyairport)

ERA.id - Australia dilanda gangguan jaringan IT skala besar yang berdampak bagi banyak sektor penting. Masalah ini mengganggu sistem perbankan, telekomunikasi, media, hingga maskapai penerbangan.

Koordinator Keamanan Siber Nasional Australia mengatakan bahwa mereka mengetahui adanya gangguan teknis berskala besar yang mempengaruhi sejumlah perusahaan dan layanan di seluruh Australia.

"Informasi kami saat ini adalah pemadaman ini berkaitan dengan masalah teknis pada platform perangkat lunak pihak ketiga yang digunakan oleh perusahaan yang terkena dampak," kata badan tersebut dalam sebuah pernyataan, dikutip Al Jazeera, Jumat (19/7/2024).

Terkait kemungkinan penyebab gangguan tersebut, pihak keamanan siber memastikan sejauh ini tidak ada tanda dari kejahatan siber yang dicurigai. Pihaknya pun mengerahkan seluruh pemangku kepentingan guna menyelesaikan masalah ini.

"Tidak ada informasi yang menunjukkan bahwa ini adalah insiden keamanan siber. Kami terus melibatkan seluruh pemangku kepentingan utama," tegas badan itu.

Di sisi lain, Bandara Sydney mengatakan bahwa kemungkinan besar akan ada penundaan untuk penerbangan bagi para wisatawan. Pihak bandara juga sudah menerjunkan staf tambahan untuk mencegah kekacauan penerbangan.

"Kami telah mengaktifkan rencana darurat dan mengerahkan staf tambahan ke terminal kami," kata pihak bandara di platform X.

Selain itu, Bandara Melbourne mengatakan prosedur check-in untuk beberapa maskapai penerbangan mengalami gangguan. Pihak bandara menyarankan agar para penumpang menghubungi maskapai penerbangan terkait jadwal keberangkatan.

"Penumpang yang terbang dengan maskapai tersebut sore ini disarankan memberikan sedikit waktu tambahan untuk check-in. Silahkan hubungi maskapai penerbangan Anda untuk mengetahui informasi terbaru tentang penerbangan," jelas pihak bandara.

Australian Broadcasting Corporation dan Network Ten juga mengonfirmasi bahwa sistem mereka terkena dampaknya.

Lebih lanjut, polisi di negara bagian New South Wales mengatakan mereka mengetahui adanya pemadaman listrik dan siapa pun yang menghadapi keadaan darurat harus menghubungi nomor darurat 000.

Rekomendasi