Bioskop China Tayangkan Upacara dan Pertandingan Olimpiade Paris 2024, Jadi yang Pertama Kali

| 26 Jul 2024 07:20
Bioskop China Tayangkan Upacara dan Pertandingan Olimpiade Paris 2024, Jadi yang Pertama Kali
Bioskop China tayangkan Olimpiade Paris (Instagram/olympic)

ERA.id - Pemerintah China akan menayangkan gelaran olahraga Olimpiade Paris 2024 di sejumlah bioskop. Tayangan ini akan menjadi pertama kalinya yang dilakukan oleh China.

Menurut laporan media lokal, sejumlah bioskop di Tiongkok akan menayangkan pembukaan Olimpiade Paris untuk pertama kalinya. Selain upacara pembukaan, bioskop-bioskop di Tiongkok juga akan menayangkan beberapa pertandingan menarik. 

Inisiatif ini muncul dari hasil kerja sama antara distributor film terkemuka di negara itu, China Film, dan penyiar negara CCTV. 

"Inisiatif ini menyediakan saluran baru bagi masyarakat untuk menyaksikan Olimpiade Paris, untuk menghargai kehebatan atlet Tiongkok di panggung global, merasakan semangat sportivitas, dan menumbuhkan kebanggaan nasional," kata anggota dewan redaksi China Media Group Jiang Wenbo seperti dilansir CGTN, Kamis (25/7/2024).

Penayangan ini meliputi upacara pembukaan, serta cabang olahraga tertentu seperti tenis meja, bulu tangkis, menyelam, dan bola voli. Pemilihan cabang olahraga yang ditayangkan ini lantaran para atlet China terkenal menguasai dan sering menjadi juara. 

Sementara itu, tiket untuk menonton upacara pembukaan Paris 2024 sudah tersedia di bioskop-bioskop di lebih dari 10 kota di Tiongkok, termasuk Beijing, Shanghai, dan Guangzhou. 

Sayangnya meski membuat gebrakan baru untuk para penggemar olahraga, menurut Sixth Tone, minat daring belum berdampak pada penjualan tiket yang sebenarnya. Misalnya, hanya dua dari 20 bioskop di Shanghai yang telah menerima cukup banyak pesanan untuk melanjutkan pemutaran hingga Rabu. 

Bioskop-bioskop di Tiongkok terkadang membatalkan pemutaran kecuali sejumlah tiket terjual, dengan ambang batas berkisar antara 10 hingga 100 tergantung pada ukuran teater. 

Hal serupa terjadi di Tianjin, hanya empat bioskop yang berencana untuk menayangkan upacara pembukaan, dan sejauh ini mereka hanya menjual enam tiket untuk pemutaran di antara mereka. 

Situs berita Tiongkok China Daily mengadakan jajak pendapat di Weibo untuk mengukur minat untuk menayangkan Olimpiade di bioskop, dengan menanyakan kepada para pembacanya apakah mereka akan pergi ke bioskop untuk menonton acara tersebut.

Sekitar 70 persen dari 1.357 responden sejauh ini mengatakan mereka tidak akan pergi ke bioskop untuk menonton pemutaran langsung. 

Salah satu yang menjadi faktor utama adalah perbedaan waktu antara Paris dan China. Upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 dijadwalkan akan dimulai pada hari Jumat pukul 19.30 Waktu Eropa Tengah, yang berarti akan dimulai pukul 01.30 dini hari di Tiongkok keesokan harinya. 

Beberapa komentar di bawah unggahan China Daily juga menyatakan bahwa mereka lebih suka menonton pertandingan olahraga tersebut dari rumah, serta menyinggung masalah keselamatan

"Saya lebih suka menonton di rumah. Saya takut akan lebih 'ramai' di bioskop, bagaimana jika semua orang mulai berkelahi satu sama lain?" tulis komentar yang mendapat banyak dukungan. 

Beberapa bioskop dilaporkan telah mengambil langkah untuk meyakinkan orang-orang bahwa pemutaran film tidak akan dipenuhi oleh penggemar yang gaduh dan mabuk. 

"Beberapa orang suka minum bir dan makan barbekyu sambil menonton olahraga, dan mereka juga suka membicarakannya dengan keras, tetapi perilaku ini tidak dianjurkan di bioskop," kata Shen Yan, seorang manajer bioskop di Guangzhou.

"Menontonnya di layar lebar jauh lebih baik daripada menontonnya di rumah, dan Anda juga dapat menikmati suasana yang meriah bersama semua orang," tambahnya. 

Olimpiade Paris dibuka pada 26 Juli dan berlangsung hingga 11 Agustus.

Rekomendasi