PM Bangladesh Kabur Usai Ajukan Surat Pengunduran Diri, Pemerintahan Sementara Ambil Alih Tugas

| 05 Aug 2024 20:15
PM Bangladesh Kabur Usai Ajukan Surat Pengunduran Diri, Pemerintahan Sementara Ambil Alih Tugas
PM Bangladesh kabur (Dok. Tangkapan layar AFP)

ERA.id - Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasnia kabur ditengah memuncaknya aksi demo antipemerintah di negara itu. Hasnia kabur setelah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Perdana Menteri Bangladesh.

Kepala Angkatan Darat Jenderal Waker-Uz-Zaman mengumumkan pengunduran diri Hasina dalam pidato yang disiarkan televisi kepada rakyat dan mengatakan pemerintah sementara akan dibentuk.

"Saya bertanggung jawab penuh," katanya, dikutip Reuters, Senin (5/8/2024).

Waker juga mengimbau warga untuk menghentikan kekerasan dan berjanji untuk mengembalikan perdamaian di negara itu. Dia pun berharap pernyataannya bisa meredakan situasi yang terjadi di Bangladesh dalam beberapa hari terakhir.

"Negara ini telah banyak menderita, ekonomi telah terpukul, banyak orang telah terbunuh. Sekarang saatnya untuk menghentikan kekerasan. Saya berharap setelah pidato saya, situasinya akan membaik," ujarnya.

Selain itu, Waker juga akan menemui presiden untuk membentuk pemerintahan sementara dan sudah mengadakan pembicaraan dengan partai-partai oposisi utama serta anggota masyarakat sipil.

Waker adalah seorang perwira infanteri karier yang telah menghabiskan hampir empat dekade di militer, bertugas dua kali sebagai pasukan penjaga perdamaian PBB serta di kantor perdana menteri.

"Jika situasinya membaik, tidak perlu ada keadaan darurat", katanya, sambil bersumpah bahwa otoritas baru akan "menuntut semua pembunuhan" setelah berminggu-minggu protes yang mematikan.

"Sekarang tugas para mahasiswa adalah tetap tenang dan membantu kami," imbuhnya.

Berdasarkan laporan media setempat, Hasnia kabur dengan menggunakan helikopter bersama dengan saudara perempuannya menuju India. Saluran televisi CNN News 18 mengatakan ia telah mendarat di Agartala, ibu kota negara bagian Tripura di timur laut India, melintasi perbatasan timur Bangladesh.

Sebelum para pengunjuk rasa menyerbu kompleks tersebut, putra Hasina mendesak pasukan keamanan negara untuk memblokir pengambilalihan kekuasaannya selama 15 tahun.

"Tugas Anda adalah menjaga keamanan rakyat dan negara kita, serta menegakkan konstitusi," kata putranya, Sajeeb Wazed Joy yang tinggal di AS, dalam sebuah unggahan di Facebook.

"Itu artinya jangan biarkan pemerintah yang tidak dipilih berkuasa selama satu menit pun, itu tugas Anda," tambahnya.

Massa yang tampak gembira melambaikan bendera setelah Hasnia mengundurkan diri dari jabatannya. Beberapa di antara pendemo terlihat menari di atas tank di jalan-jalan Dhaka pada Senin pagi, sebelum ratusan orang menerobos gerbang kediaman resmi Hasina.

Saluran 24 Bangladesh menyiarkan gambar kerumunan orang berlarian ke kompleks tersebut, melambaikan tangan ke kamera saat mereka merayakan kemenangan. Berdasarkan rekaman televisi menunjukkan kerumunan orang di ruang tamu kediaman tersebut, dan beberapa orang terlihat membawa pergi televisi, kursi, dan meja dari salah satu bangunan paling terlindungi di negara tersebut.

Beberapa orang juga terlihat bersantai di tempat tidur. Sedangkan yang lainnya menghancurkan patung ayah Hasina, Sheikh Mujibur Rahman, pahlawan kemerdekaan negara itu.

Pasukan keamanan telah mendukung pemerintahan Hasina selama kerusuhan, yang dimulai bulan lalu terhadap kuota pekerjaan pegawai negeri dan kemudian meningkat menjadi seruan yang lebih luas agar dia mundur.

Namun para pengunjuk rasa menentang jam malam dan kekerasan yang mematikan. Setidaknya 94 orang tewas pada hari Minggu, termasuk 14 petugas polisi, pada hari paling mematikan dalam kerusuhan tersebut.

Para pengunjuk rasa dan pendukung pemerintah di seluruh negeri saling bertarung dengan tongkat dan pisau, dan pasukan keamanan melepaskan tembakan.

Kekerasan hari itu membuat jumlah total orang yang tewas sejak protes dimulai pada awal Juli menjadi sedikitnya 300 orang, berdasarkan keterangan polisi, pejabat pemerintah, dan dokter di rumah sakit.

Militer mengumumkan keadaan darurat pada bulan Januari 2007 setelah kerusuhan politik yang meluas dan membentuk pemerintahan sementara yang didukung militer selama dua tahun

Rekomendasi