Tuduh Kamp Pengungsi Pusat Kejahatan, Menlu Israel Katz Perintahkan Evakuasi Warga dari Jenin

| 12 Aug 2024 12:15
Tuduh Kamp Pengungsi Pusat Kejahatan, Menlu Israel Katz Perintahkan Evakuasi Warga dari Jenin
Israel Katz (X/@Israel_katz)

ERA.id - Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz menyerukan proses evakuasi kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat yang diduduki. Katz menyebut kamp pengungsi itu sebagai pusat kejahatan.

Selama pertemuan tertutup dengan para pemimpin Dewan Yesha, yang mencakup semua dewan kota permukiman ilegal Israel di Tepi Barat, Katz mengatakan kamp pengungsian di Jenin di bawah kendali Iran. Kamp itu disebut sebagai pusat kejahatan.

"Kamp pengungsian adalah pusat kejahatan. Kamp-kamp tersebut tidak berada di bawah kendali Otoritas Palestina, tetapi di bawah kendali Iran," kata Katz, dilansir lembaga penyiaran publik KAN, Senin (12/8/2024).

Katz lantas menekankan bahwa kamp pengungsi itu harus segera dievakuasi dari warganya. Proses itu akan dilakukan seperti Jalur Gaza.

"Kamp pengungsi Jenin harus dievakuasi dari warganya, dan harus ditangani sama seperti Jalur Gaza," imbuhnya.

Israel menghancurkan Gaza setelah serangan Hamas pada 7 Oktober 2023 lalu. Sejak saat itu, 39.800 warga di Gaza tewas, sebagian besar perempuan dan anak-anak.

Dewan Keamanan PBB sudah menginstruksikan gencatan senjata segera di Jalur Gaza. Namun sampai saat ini, Israel menolak untuk menyetujui kesepakan gencatan senjata.

Rekomendasi