Mendadak Temui Putra Mahkota Saudi, Presiden Palestina Curhat Situasi di Gaza

| 28 Aug 2024 17:35
Mendadak Temui Putra Mahkota Saudi, Presiden Palestina Curhat Situasi di Gaza
Abbas temu Putra Mahkota Saudi (Dok. Istimewa)

ERA.id - Presiden Palestina Mahmoud Abbas menemui Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman di ibu kota Riyadh, Senin (26/8). Pertemuan yang dilakukan mendadak itu untuk membahas situasi di Gaza.

"Pertemuan tersebut berlangsung di ibu kota Saudi Riyadh, tempat Abbas tiba pada hari Senin untuk kunjungan mendadak," menurut kantor berita resmi Palestina WAFA, Rabu (28/8/2024).

Selama kunjungan itu, Abbas dan bin Salman membahas perkembangan terbaru di wilayah Palestina yang diduduki. Keduanya juga membahas cara untuk menghentikan agresi Israel kepada rakyat Palestina.

"Mereka membahas upaya Palestina dan Arab untuk menghentikan agresi Israel yang sedang berlangsung terhadap rakyat Palestina di Gaza dan Tepi Barat, termasuk Yerusalem," kata laporan itu.

Selain itu, Abbas juga memperingatkan tentang bahaya yang ditimbulkan oleh pernyataan menteri Israel Itamar Ben Gvir soal pembangunan sinogage di Masjid Al-Aqsa.

Abbas juga menyinggung soal rencananya yang akan mungunjungi Gaza secara langsung bersama para anggota pemimpin Palestina guna menghentikan genosida terhadap rakyat Palestina. Kunjungan langsung itu juga diyakini untuk menekankan kedaulatan penuh atas semua tanah Palestuna, termasuk Gaza dan Tepi Barat.

Pada pertengahan Agustus, Abbas menyatakan di hadapan parlemen Turki niatnya untuk mengunjungi Gaza. Dia juga mendesak Dewan Keamanan PBB dan masyarakat internasional untuk mendukung kunjungan tersebut.

"Bin Salman menegaskan kembali sikap teguh Arab Saudi dalam mendukung rakyat Palestina dan hak-hak mereka yang sah berdasarkan hukum internasional," lapor berita WAFA.

Rekomendasi