Usai Tuai Kontroversi, Jepang Batalkan Acara Perjodohan Berhadiah Rp63 Juta

| 30 Aug 2024 22:25
Usai Tuai Kontroversi, Jepang Batalkan Acara Perjodohan Berhadiah Rp63 Juta
Acara perjodohan Jeoang (Freepik)

ERA.id - Pemerintah Jepang membatalkan ide untuk merayu wanita Tokyo agar menikah dengan pria di pedesaan melalui acara perjodohan. Pembatalan itu dilakukan menyusul banyaknya kritik dari masyarakt soal rencana itu.

Menurut laporan media lokal, acara perjodohan yang mempertemukan wanita Jepang dengan pria di pedesaan itu akan dibayar hingga 600.000 yen (Rp63 juta) untuk wanita yang menikah dan menetap di luar Tokyo. Rencana ini dilakukan demi mengurangi kesenjangan gender di pedesaan.

Menyusul kehebohan itu, menteri negara untuk revatilisasi regional. Hanako Jimi, mengatakan bahwa dia memutuskan untuk membatalkan program tersebut. Jimi meminta para pejabat untuk meninjau kembali rencana itu dan membantah hadiah yang akan diberikan kepada mereka yang berpartisipasi.

Kebocoran media tentang skema tersebut minggu ini menuai kritik pedas di media sosial, di mana para kritikus melihatnya sebagai hal yang biasa di negara tempat pria mendominasi politik dan bidang lain, lebih dari ekonomi industri besar lainnya.

"Apakah mereka mengira wanita yang mandiri, termotivasi, dan berpendidikan di kota akan berpikir, 'Apa? Jika saya menikah dengan pria lokal dan pindah ke pedesaan, saya akan mendapat 600.000 yen! Saya akan melakukannya!'? Apakah mereka serius?" kata seorang pengguna di X.

"Apakah mereka masih belum mengerti? Ini adalah sesuatu yang akan dipikirkan oleh orang-orang yang menganggap wanita hanya berharga jika mereka melahirkan," tambah pengguna lainnya.

Kondisi di Jepang terutama di daerah pedesaan mengalami krisis depopulasi seiring bertambahnya usia, dengan beberapa kota kecil hampir tidak memiliki atau tidak memiliki anak.

Salah satu penyebabnya adalah lebih banyak wanita muda daripada pria muda yang meninggalkan desa dan kota kecil tempat mereka dibesarkan dan pindah ke kota besar, terutama Tokyo, untuk mendapatkan kesempatan yang lebih baik dalam pendidikan tinggi dan pekerjaan.

Lebih dari 40 persen kotamadya Jepang "berisiko menghilang" karena penurunan jumlah wanita di usia 20-an dan 30-an, menurut sebuah studi oleh panel ahli sektor swasta pada bulan April.

Rekomendasi