Israel Tolak Gencatan Senjata dengan Lebanon, Bersikukuh Serang Sampai Menang

| 27 Sep 2024 13:23
Israel Tolak Gencatan Senjata dengan Lebanon, Bersikukuh Serang Sampai Menang
Netanyahu (X/Netanyahu)

ERA.id - Israel menolak secara tegas desakan para sekutu untuk melakukan gencatan senjata selama 21 hari di Lebanon. Israel justru berjanji akan terus menyerang Hizbullah hingga mencapai kemenangan penuh.

Penolakan itu disampaikan oleh Israel menjelang pidato Perdana Menteri Benjamin Netanyahu di Majelis Umum PBB, Jumat (27/9) waktu setempat. Desakan gencatan senjata ini disampaikan oleh Amerika Serikat dan Prancis saat bertemu di sela-sela Majelis Umum PBB di New York.

Namun Netanyahu dengan tegas menolak usulan gencatan itu. Netanyahu juga membantah bahwa ia telah meminta tentara untuk mengurangi serangan udara di Lebanon, dan menegaskan kembali bahwa ia sudah memerintahkan militer untuk terus menyerang dengan kekuatan penuh.

Senda dengan Netanyahu, Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, juga menolak gencatan senjata apa pun di Lebanon.

"Kami akan terus memerangi kelompok teror Hizbullah dengan kekuatan penuh hingga kemenangan diraih dan warga utara kembali ke rumah mereka dengan selamat," kata Katz, dikutip Anadolu, Jumat (27/9/2024).

Kementerian Kesehatan Lebanon mengatakan pada Kamis malam bahwa serangan Israel telah menewaskan 92 orang di negara itu dan melukai 153 orang dalam 24 jam terakhir.

Lebih dari 1.500 orang telah tewas sejak permusuhan antara Israel dan Hizbullah meletus Oktober lalu, dengan jumlah korban pada Kamis menjadikan jumlah orang yang tewas dalam serangan Israel di Lebanon sejak Senin saja menjadi lebih dari 700 orang.

Menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi, sekitar 118.000 orang telah mengungsi akibat pertempuran di Lebanon selama seminggu terakhir.

Rekomendasi