Serangan Brutal di Supermarket Shanghai Tewaskan Tiga Orang, Pelaku Ngaku Ada Masalah Ekonomi

| 01 Oct 2024 14:15
Serangan Brutal di Supermarket Shanghai Tewaskan Tiga Orang, Pelaku Ngaku Ada Masalah Ekonomi
Serangan brutal di Shanghai (Era.id/Luthfia)

ERA.id - Seorang pria di Shanghai membunuh tiga orang dan melukai 15 lainnya dalam serangan pisau mematikan di supermarket pinggiran kota. Serangan ini menjadi insiden terbaru dalam serangkaian penusukan di kota-kota besar Tiongkok tahun ini.

Pelaku bermarga Lin (37) ditangkap oleh polisi setempat di distrik Songjiang. Dari penyelidikan awal, Lin mengaku tiba di Shanghai untuk melampiaskan marahnya karena mengalami masalah ekonomi, demikian dilaporkan Reuters, Selasa (1/10/2024).

Serangan pisau itu terjadi satu hari sebelum "Minggu Emas" Hari Nasional Tiongkok, ketika perjalanan liburan diperkirakan akan meningkat.

Insiden penusukan di depan umum telah meningkat selama bertahun-tahun di Tiongkok, dengan pihak berwenang sering menyalahkan penyakit mental. Anak-anak di sekolah menjadi sasaran umum.

Pada bulan September, seorang siswa Jepang berusia 10 tahun ditikam hingga meninggal oleh seorang penyerang beberapa meter dari sekolahnya di kota Shenzhen, Tiongkok selatan.

Insiden tersebut terjadi bersamaan dengan serangan pisau pada bulan Juni terhadap dua warga negara Jepang di Suzhou, sebuah kota besar di Tiongkok timur. 

Berbagai insiden penyerangan itu telah memicu kekhawatiran keamanan di antara anggota komunitas Jepang di Tiongkok.

Insiden penusukan jarang terjadi di Shanghai tetapi bukan hal yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pada tahun 2022, seorang pria melakukan aksi penusukan di sebuah rumah sakit besar di pusat keuangan Tiongkok dan melukai 15 orang.

Pria tersebut, yang menurut pihak berwenang "mendendam pada masyarakat" setelah sebuah investasi gagal, dijatuhi hukuman mati setahun kemudian.

Rekomendasi