Sempat Dinyatakan Hilang Tiga Hari, Lima Pendaki Rusia Ditemukan Tewas di Gunung Nepal

| 08 Oct 2024 18:35
Sempat Dinyatakan Hilang Tiga Hari, Lima Pendaki Rusia Ditemukan Tewas di Gunung Nepal
Pendaki Rusia tewas (instagram/nepalmountwverest)

ERA.id - Lima pendaki Rusia yang sempat dinyatakan hilang selama akhir pekan di Gunung Dhaulagiri, Nepal, berhasil ditemukan. Kelima pendaki itu ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa.

Perusahaan pendakian yang memberi fasilitas kepada lima pendaki Rusia itu mengonfirmasi kematiannya pada Selasa (8/10). Kelimanya dilaporkan hilang kontak dengan pemandu Sherpa di ketinggian 7.700 meter sejak Minggu (6/10). 

"Sebuah helikopter pencarian dan penyelamatan melihat jenazah kelima pendaki itu di ketinggian sekitar 7.600 meter di gunung di Nepal barat," kata seorang pejabat senior perusahaan yang menyediakan dukungan logistik bagi tim Rusia, Pemba Jangbu Sherpa, dikutip Reuters, Selasa (8/10/2024).

Pemba mengatakan salah satu dari rombongan itu kemungkinan terpeleset di lereng, sementara lima lainnya jatuh bersamaan. Mereka diduga diikat dengan tali yang sama ketika melakukan pendakian. 

"Mereka mungkin diikat dengan tali yang sama. Salah satu dari mereka mungkin terpeleset di lereng dan kelima pendaki itu jatuh bersamaan," ujarnya.

Sementara itu, Pemba mengatakan anggota tim lainnya, yang kelelahan dan tidak dapat berjalan, telah dievakuasi dan dirawat di sebuah rumah sakit di Kathmandu. 

Mendaki gunung merupakan kegiatan pariwisata utama di Nepal, rumah bagi delapan dari 14 gunung tertinggi di dunia, yang menyediakan lapangan kerja dan pendapatan penting.

Rekomendasi