Pernah Dengar Negara Benin? Ada Voodoo dan Fakta Unik di Sana!

| 09 Aug 2020 09:26
Pernah Dengar Negara Benin? Ada Voodoo dan Fakta Unik di Sana!
Dukun Voodoo (Paolo Marchetti/The Sun)

ERA.id - Nama Republik Benin jarang terdengar. Letaknya di bagian Afrika Barat. Negara ini berbatasan dengan Togo di sebelah barat, Nigeria sebelah timur, dan Burkina Faso serta Niger di sebelah utara.

Biasanya, orang dengan mudah mengingat sebuah negara jika negara itu ikut dalam perhelatan olahraga sedunia, seperti piala dunia atau kompetisi bulu tangkis.

Nah, Benin itu seperti apa sih? Bentuk keseluruhan negeri ini dibatasi sungai Niger di utara dan dataran pesisir di selatan, di bagian timur sedikit tak datar. Bagian utara negeri ini terutama tersusun atas sabana dan pegunungan setengah gersang. Titik tertingginya ialah Gunung Sagboroa setinggi 658 m. Selatan negeri ini terdiri atas sebuah dataran pantai berawa yang menyebar, danau dan laguna seperti danau Nohoué atau laguna di Porto Novo.

Sebagian besar penduduknya bertempat tinggal di pesisir pantai, di mana sebagian kota besar di Benin terpusat, khususnya Porto Novo dan Cotonou.

Negeri ini juga terletak di zona antartropis, iklimnya kering dan lembap, dibandingkan dengan hujan, yang terjadi 10 kali (April hingga Juli dan September hingga November).

Di Benin, ada tujuh fakta yang mesti kalian ketahui. Ada yang unik, ada juga yang menyedihkan. Pertama, di negara ini, banyak sekali penganut kepercayaan Voodoo. Bahkan, setiap 10 Januari, ada Hari Raya Voodo di sana.

Masyarakat Benin (Global Partnership for Education)

Voodoo ialah kepercayaan animisme yang sering diidentikkan dengan ilmu hitam. Kabar soal ilmu voodoo merebak setelah Piala Dunia 1998. Saat itu, tepatnya di laga final, Prancis bertemu Brasil. Saat pertandingan tengah berlangsung dengan tensi panas, tiba-tiba Ronaldo kolaps di lapangan dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

Kabar burung menghampiri seluruh penjuru telinga kalau Ronaldo terkena santet. Sebab Prancis kala itu terkenal dengan masuknya imigran dari Afrika yang memiliki kedekatan dengan hal-hal mistis.

Dari rumor yang beredar juga kalau gelandang Zinadine Zidane sebelum laga dimandikan jampi-jampi oleh seorang paranormal. Tujuannya untuk melindungi Zidane dari guna-guna. Pernah dengar?

Kedua, sektor pertanian menjadi andalan di negara ini. Ekonominya banyak dibantu oleh produksi kapas. Ketiga, di Benin, hanya ada satu bandara internasional yakni Bandara Cadjehoun.

Keempat adalah hal terlihat menyedihkan. Angka melek huruf orang Benin hanya 42,36 persen. Kelima, Benin memiliki situs warisan dunia Unesco yaitu Istana Kerajaan Abomey.

Keenam, Benin terkenal dengan kerajinan topeng kayu berukir. Bayangkan saja, betapa mistisnya jika topeng tersebut dipakai dalam ritual Voodoo yang banyak dianut oleh masyarakatnya.

Ketujuh, lain dari kepercayaan kita yang mengidentikkan ular dengan setan dan pembawa petaka, maka di Benin, ular dipercaya sebagai pembawa berkah apalagi kalau ular itu masuk ke dalam rumah, berarti keberuntungan bagi masyarakat.

Tags : yang unik
Rekomendasi