Mengenal Kucing Calico, Ini Penjelasan Mengapa Jarang yang Jantan

| 07 May 2024 21:09
Mengenal Kucing Calico, Ini Penjelasan Mengapa Jarang yang Jantan
Ilustrasi kucing belang tiga (unsplash)

ERA.id - Mungkin sebagian besar orang cukup asing dan belum mengenal kucing calico. Kucing calico adalah kucing belang tiga yang memiliki perpaduan warna bulu yang sangat unik. Perpaduan bulu pada kucing calico atau kucing belang tiga antara lain warna cokelat, putih, hitam, atau bisa juga oranye.

Mengenal Kucing Calico

Adapun hal yang harus kita pahami, “Belang tiga” sendiri hanyalah sebuah istilah yang ditujukan kepada pola warna pada bulu kucing, sehingga kucing ini tidak termasuk ke dalam salah satu ras kucing. Hal yang unik adalah, Kucing belang tiga juga hampir selalu berjenis kelamin betina, sehingga kucing jantan dengan pola warna belang tiga dapat dikatakan cukup langka.

Nah, selain sekilas fakta di atas, kucing belang tiga ternyata juga mempunyai beberapa fakta unik yang lain. Di bawah ini adalah fakta-fakta unik kucing belang tiga yang harus Anda ketahui, seperti yang dilansir ERA dari Mother Nature Network.

Ilustrasi kucing calico. (Pixabay)

Kondisi genetik langka

Jika kucing jantan mempunyai bulu belang tiga, biasanya hal ini terjadi karena kucing jantan mempunyai gangguan atau kelainan. Kelainan ini terjadi karena kromosom X yang berlebih pada kucing jantan, yaitu kromosom XXY.

Pada umumnya, kucing jantan mempunyai kromosom XY, sedangkan pada kucing betina yaitu XX. Genetik kucing yang menjadi penyebab warna bulunya berwarna oranye atau berwarna hitam terkandung dalam kromosom X.

Bulu berwarna putih sebenarnya bukanlah gen warna, melainkan gen modifikasi yang tidak terpengaruh dengan kromosom X atau Y tadi. Kelainan genetik yang dialami kucing jantan belang tiga membuat mereka tidak berumur panjang.

Menjadi Kucing Resmi Negara Bagian Maryland

Pada tahun 2001, kucing ini dijadikan sebagai kucing resmi negara bagian Maryland. Sebab, warna bulu kucing calico antara lain oranye, hitam, dan putih, warna yang dimiliki oleh burung negara bagian Maryland, oriole Baltimore, dan serangga negara bagian Maryland, kupu-kupu Baltimore Checkerspot.

Fakta unik lainnya, hanya terdapat tiga negara bagian di AS yang mempunyai perwakilan kucing resmi untuk mamalia negara bagian resmi mereka, yaitu Maine, Massachusetts, dan Maryland.

Dimakan Induknya

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa kucing belang tiga jantan ketika lahir pasti akan dimakan oleh induknya. Untuk informasi yang perlu diketahui, induk kucing terkadang memang akan memakan anaknya yang baru lahir, tetapi induk kucing akan melakukan hal tersebut jika sang anak sudah terlebih dulu mati.

Umumnya, kucing belang tiga berjenis kelamin jantan lahir dalam keadaan tak sempurna dan mati, sehingga induk kucing akan memakannya. Jika kucing belang tiga bisa terlahir normal dan mampu bertahan hidup, maka induk kucing tidak akan memakannya.

Tidak dapat dikawinkan silang dengan sengaja

Sebaiknya Anda tidak perlu mencoba mengawinkan silang kucing calico dengan sengaja. Sebab, kucing calico hanya bisa terlahir berdasarkan genetika kromosomnya saja. Mengawinkannya secara sengaja hanya akan membuat Anda mendapatkan kegagalan.

Calico bukan nama ras

Kucing calico pada dasarnya hanyalah nama julukan bagi kucing yang memiliki paduan tiga warna berbeda di bulunya. Sehingga, pada dasarnya nama ini bukanlah sebuah nama jenis ras kucing tertentu. Sementara itu, paduan paling umum pada kucing calico antara lain putih, hitam, dan oranye.

Kucing calico tidak berusia panjang

Meski tidak selalu, kebanyakan kucing calico yang diyakini tidak akan berusia panjang adalah calico jantan. Sebab, kucing tersebut terlahir dengan kelainan kromosom. Kelainan tersebut yang nantinya mengakibatkan pertumbuhan kucing yang terganggu sehingga organ tidak bisa matang dengan sempurna dan infertilitas.

Setelah mengenal kucing calico dan memahami mengapa jarang yang jantan, tentunya Anda saat ini sudah memiliki wawasan tambahan tentang kucing. Semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi