Kalau Obama Anak Menteng, Duckworth adalah Anak Cilandak

Tim Editor

Barack Obama dan Tammy Duckworth pada tahun 2016 (NBC Chicago)

ERA.id - Pernah tinggal di Indonesia dan menjadi senator junior Amerika Serikat (AS) dari negara bagian Illinois, Tammy Duckworth kerap disandingkan dengan Presiden AS ke-44, Barack Obama. Jika Obama dulu anak Menteng, Duckworth pernah bersekolah di Cilandak, Jakarta Selatan.

Lahir 12 Maret 1958, Duckworth memiliki ayah yang bekerja di PBB dan organisasi internasional. Masa kecilnya banyak dihabiskan berkeliling Asia Tenggara. Ia sendiri lahir di Bangkok Thailand dan tumbuh besar di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Duckworth menghabiskan waktu 7 tahun di Indonesia, menempuh pendidikan SD hingga SMA di Jakarta. Dalam peringatan Hari Perempuan Internasional tahun 2019, ia sempat berbicara kepada alma maternya, Jakarta Intercultural School (JIS, dulunya Jakarta International School).

"Saya menghabiskan waktu di Indonesia. Sudah lama sekali, waktu itu saya mulai di Kampus Pattimura dan pindah ke Cilandak. Saya mendapatkan kenangan indah: belajar bahasa baru, menjalin persahabatan, berolaharga, dan berlibur. Saya sangat merindukan masa di Indonesia," kata Duckworth.

Saat ini, sebagai kandidat wakil presiden AS dari Partai Demokrat, Duckworth menjadi sosok yang mengingatkan publik terhadap sosok Barack Obama, yang menjabat sebagai presiden Amerika Serikat dari tahun 2009-2017.

Obama sendiri mulai tinggal di Indonesia pada tahun 1967, setelah ibunya, antropolog Ann Dunham, menikah dengan seorang pria asal Indonesia, Lolo Soetoro. Mereka tinggal di area Menteng, Jakarta.

"Saya masih ingat bagaimana cara memanggil [penjual makanan]: 'Sate!'; 'Bakso!'; Enak ya?" kata Obama kala berbicara di depan audiens Universitas Indonesia, tahun 2010 lalu.

Perjalanan hidup Duckworth dan Obama pun hampir mirip. Keduanya mengaku bahwa ras mereka, Duckworth yang Thai-Amerika dan Obama yang Afro-Amerika, telah membentuk identitas masing-masing. Keduanya hidup di Indonesia di waktu yang hampir bersamaan, dan pernah tinggal di Hawaii.

Pada saat kampanye senat Duckworth di tahun 2016, Obama menyebut sosok perempuan tersebut sebagai "wanita tangguh, namun, memiliki hati yang lembut." Mereka pun sama-sama pernah mengisi posisi senator junior Amerika Serikat dari negara bagian Illinois.

Sebelumnya, Obama juga sudah menunjuk Tammy Duckworth, seorang veteran Angkatan Laut AS dan ikut berperang di Irak pada tahun 2004, sebagai Asisten Sekretaris di Departemen Hubungan Veteran Amerika Serikat dari tahun 2009 sampai 2011.

Duckworth semakin mengikuti jejak langkah Obama, meski agak berbeda, setelah ia dinominasikan sebagai kandidat wakil presiden Amerika Serikat dari Parta Demokrat, mendampingi capres Joe Biden. Ia akan bersaing dengan sejumlah kandidat lainnya seperti Dubes AS untuk PBB, Susan Rice, dan politisi Partai Demokrat, Kamala Harris.

Tidak hanya publik AS saja yang menanti-nanti keputusan siapa calon wakil presiden AS untuk pilpres pada tanggal 3 November nanti. Sosok Duckworth pun menuai harapan dari negara-negara di Asia karena latar belakang ras-nya dan pandangannya mengenai isu-isu regional Asia, contohnya tentang isu Laut China Selatan dan dinamika di Asia Tenggara.

Tag: barack obama amerika serikat Tammy Duckworth

Bagikan: