Sempat Dianggap Palsu, Lukisan Rembrandt Ini Ternyata Asli

Tim Editor

Lukisan Head of a Bearded Man menggunakan panel kayu yang sama dengan karya-karya Rembrand sekitar tahun 1630. Lukisan ini sekarang disimpan di Museum AShmolean, Oxford, Inggris. (Ashmolean Museum)

ERA.id - Karya lukisan berjudul "Head of a Bearded Man", yang kira-kira dibuat tahun 1630, sempat dianggap palsu dan hanya ditaruh di ruang bawah tanah museum. Namun, baru-baru ini ia diumumkan sebagai salah satu karya asli dari pelukis ternama Rembrandt.

Karya lukisan seukuran kartu pos tersebut pada tahun 1981 dianggap palsu oleh Rembrandt Research Project, kelompok yang memiliki otoritas tertinggi dalam menentukan keaslian karya-karya sang pelukis.

"Mereka melihat lukisan ini secara langsung dan memutuskan bahwa ini bukan lukisan Rembrandt," kata kurator Museum Ashmolean untuk koleksi seni Eropa utara, An van Camp, seperti dilansir The Guardian.

"Mereka berkata bahwa karya ini bisa jadi lukisan imitasi yang mencoba meniru gaya Rembrandt, dan mungkin dibuat sebelum akhir abad ke-17, jadi tidak dibuat dalam rentang waktu Rembrandt."

Sejumlah kurator lantas tak tertarik menyimak lukisan ini dan menyimpannya di ruang bawah tanah Museum Ashmolean di Oxford, Inggris, yang menjadi pewaris lukisan tersebut sejak tahun 1951.

Pada tahun 2015, Van Camp pertama kali menyadari keberadaan lukisan kecil tersebut, namun, ia mengaku tak seorang pun tertarik membicarakannya karena lukisan tersebut telah dikenal sebagai lukisan Rembrandt yang palsu.

Namun, sang kurator terus meyakini bahwa lukisan kecil tersebut tidaklah palsu.

"Rembrand menciptakan lukisan semacam itu. Ia menciptakan lukisan kepala orang-orang tua yang berwajah sedih, melakolis dan sedang termenung. Lukisan [Head of a Bearded Man] senada dengan yang Rembrandt lakukan di Leidan sekitar tahun 1630."

Belakangan, panel kayu lukisan tersebut diteliti oleh Peter Klein, salah satu peneliti usia kayu terkemuka di dunia, yang lantas menyimpulkan bahwa panel kayu tersebut berasal dari kayu yang sama yang dipakai Rembrandt untuk lukisan "Andromeda Chained to the Rocks" serta karya "Portrait of Rembrandt's Mother" dari Jan Lievens yang saat ini disimpan di dua museum di Belanda dan Jerman.

Keduanya sama-sama dilukis tahun 1630, ketika kedua seniman bekerja di Leiden, Belanda.
Klein mengatkaan bahwa panel kayu itu berasal dari pohon ek yang ditebang di daerah Baltik di antara tahun 1618-1628. "Dengan memberi waktu penyiangan kayu selama 2 tahun, kita bisa meyakini bahwa lukisan itu dibuat antara tahun 1620-1630," kata Klein.

Seluruh penelitian berkesimpulan bahwa panel kayu yang digunakan dalam lukisan "Head of a Bearded Man" berasal dari bengkel lukisan Rembrandt. Investigasi selanjutnya kini adalah menentukan apakah Rembrandt sendiri yang menciptakan lukisan itu.

Lukisan tersebut Rabu pekan ini (2/9/2020) akan ditampilkan di Museum Ashmolean sebagai bagian dari pameran koleksi berjudul Young Rembrandt. Van Camp mengaku sangat senang akhirnya lukisan kecil tersebut kembali diakui. "Lukisan tersebut disatukan kembali pada fitrahnya."

Tag: seni

Bagikan: