Hoaks Fadjroel Rachman Sapa Rakyat: Bagaimana Kabarnya, Masih Miskin?

| 18 Feb 2021 09:58
Hoaks Fadjroel Rachman Sapa Rakyat: Bagaimana Kabarnya, Masih Miskin?
Fadjroel Rachman (Dok. BPMI)

ERA.id - Baru-baru ini beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook berupa tangkapan layar cuitan Twitter Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman yang berisi umpatan kepada rakyat miskin.

Unggahan tersebut disertai dengan narasi seolah-olah Fadjroel Rachman menyapa rakyat miskin. "Selamat pagi rakyat jelata , Bagaimana kabarnya, masih miskin?". Yang diunggah melalui akun Facebook Sundak Ali pada Minggu (14/2/2021).

Dok. Kominfo

Lantas unggahan tersebut berhasil menarik perhatian masyarakat pengguna media sosial. bahkan banyak yang terbawa emosi dengan turut membalas unggahan tersebut dengan kata-kata yang kurang sopan.

Namun setelah ditelusuri, ternyata akun Twitter tersebut merupakan akun palsu yang mengatasnamakan Fadjroel Rachman. Akun Twitter asli Juru Bicara Presiden adalah @fadjroel. hal ini diperkuat dengan konfirmasi oleh kominfo.

Dok. Kominfo

Diketahui akun asli tersebut telah terverifikasi dan bercentang biru. Setelah diteliti kembali Akun asli Twitter Fadjroel Rachman, terlihat foto profil berpose bersama Presiden Joko Widodo. Sementara pada akun palsu tersebut, hanya menampilkan foto Fadjroel Rachman memakai kemeja putih.

Diketahui Informasi ini jenis hoaks imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.

Rekomendasi