Istimewa, Domba Ini Terjual dengan Harga Rp7,2 Miliar

| 01 Sep 2020 20:39
Istimewa, Domba Ini Terjual dengan Harga Rp7,2 Miliar
Double Diamond, domba Texel yang terjual dengan harga hampir Rp7,2 miliar. (CNN)

ERA.id - Lelang domba di Skotlandia baru-baru ini mencapai rekor fantastis. Seekor domba Texel laku dijual dengan harga hampir Rp7,2 miliar.

Kabar akan dilelangnya seekor domba spesial, bernama Double Diamond, sudah menjadi bahan pembicaraan sebelum event lelang domba bernama Scottish National Texel dimulai di kota Lanark, Skotlandia. Tawaran pertama bahkan dimulai di angka 10.000 guineas, atau setara Rp189,8 juta.

Perang tawar-menawar pun terjadi di antara para peminat. Harga pun segera melangit, hingga tercapailah kesepakatan bahwa domba Texel tersebut akan dibagi antara tiga orang pembeli. Harga yang disepakati adalah Rp7,15 miliar.

Jeff Aiken, salah satu pemenang dalam lelang tersebut mengaku tak ingin melewatkan pelelangan domba Texel yang terjadi pekan lalu.

"Sama seperti di dalam hal apapun, entah dalam balapan kuda atau penjualan hewan ternak," kata Aiken, seperti dikutip The Guardian. "Kadang suatu yang istimewa terjadi dan kemarin ada kabar seekor domba Texel yang istimewa akan dilelang. Setiap orang ingin mendapatkannya."

Domba Texel adalah domba yang berasal dari Pulau Texel di Belanda, dan merupakan jenis domba favorit. Domba jenis ini sangat berotot dan dagingnya pun lembut. Selain itu, wool dari jenis domba ini berukuran antara 32 mikrometer dan biasanya dipakai untuk membuat benang kaus kaki atau benang wool sulaman.

Pemilik Double Diamond saat berencana mengawinkan Double Diamond dengan seorang betina agar bisa menghasilkan anakan domba yang memiliki kualitas seperti domba Texel tersebut.

Rekor harga domba sebelumnya dipegang oleh seekor domba bernama Deveronvale Perfection yang terjual di harga Rp4,48 miliar pada tahun 2009 lalu.

Rekomendasi