Donald Trump dan Istrinya, Melania, Positif Terinfeksi COVID-19

| 02 Oct 2020 13:05
Donald Trump dan Istrinya, Melania, Positif Terinfeksi COVID-19
Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan istrinya, Melania, saat menuruni pesawat Air Force One. (Complex)

ERA.id - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Ibu Negara AS, Melania Trump, positif terinfeksi COVID-19, seperti disampaikan sang Presiden AS melalui Twitter, Kamis (1/10/2020) waktu AS, atau Jumat WIB. Keduanya saat ini melakukan isolasi mandiri.

Hal ini dikonfirmasi oleh pernyataan dokter kepresidenan Trump, Komandan Dr. Sean Conley, pada Kamis petang.

"Sang Presiden dan Ibu Negara keduanya dalam kondisi baik saat ini, dan mereka akan tetap berada di rumah Gedung Putih selama proses pemulihan," kata Conley dalam pernyataannya, yang dilansir oleh CNN.

Sebelumnya, sang presiden sudah mengabarkan bahwa ia menjalani tes COVID-19 pasca satu penasihatnya, Hope Hicks, positif terinfeksi korona.

Hicks berada satu pesawat dengan Trump saat menuju debat pilpres AS di Cleveland, Selasa (29/9/2020) dan terlihat tidak memakai masker saat berada dalam satu mobil dengan sejumlah penasehat kampanye Trump. Ia juga mengikuti kunjungan sang Presiden ke Minnesota pada hari Rabu, seperti dilaporkan oleh Bloomberg.

Namun, pada hari Rabu itu, menurut sumber Bloomberg, Hicks dikabarkan mulai tidak enak badan ketika berada di Minnesota. Ia dikarantina saat perjalanan pulang menggunakan pesawat kepresidenan AS Air Force One. Satu hari kemudian, ia teridentifikasi positif COVID-19.

Hope Hicks merupakan salah satu penasihat yang paling dipercaya oleh Trump. Sebelumnya ia bekerja sebagai direktur komunikasi dan kembali bergabung dengan pemerintahan Trump sebelum perhelatan Pemilihan Presiden AS 2020.

Sebelumnya, tim Gedung Putih menyatakan bahwa Presiden AS selalu didampingi oleh dokter kepresidenan dan Kantor Militer Gedung Putih dalam menegakkan seluruh saran dari otoritas kesehatan AS.

Bloomberg menulis, pada kampanye hari Selasa lalu, rombongan Trump tidak seluruhnya memakai masker saat memasuki ruangan debat pilpres. Mereka juga membuka masker ketika duduk. Tawaran masker dari seorang dokter dari Cleveland Clinic pun mereka tolak kala itu.

Presiden Donald Trump saat ini berusia 74 tahun.

Rekomendasi