Setelah 3.000 Tahun, Tasmania Devil Akhirnya Dilepas ke Alam Liar Australia

| 06 Oct 2020 20:29
Setelah 3.000 Tahun, Tasmania Devil Akhirnya Dilepas ke Alam Liar Australia
Tasmanian devil (Foto: Peter Robinson dari Pixabay)

ERA.id - Hewan karnivora marsupial terbesar yang masih bertahan di dunia, tasmanian devil (setan tasmania), telah dikembalikan ke alam liar di daratan utama Australia, untuk pertama kalinya dalam 3.000 tahun.

Pasangan aktor Australia Chris Hemsworth dan Elsa Pataky bergabung dengan kelompok konservasi pada September untuk melepaskan 11 tasmanian devil ke suaka margasatwa di New South Wales. Pelepasan hewan itu ke alam liar akan terus dilakukan. 

Setan tasmania, yang seukuran anjing kecil dan dipopulerkan oleh karakter kartun Looney Tunes yang ganas yang dikenal sebagai "Taz", dinyatakan sebagai hewan yang terancam punah dalam Daftar Merah PBB pada 2008.

"Ini adalah pertama kalinya dalam 3.000 tahun, atau sekitar itu, Tasmanian Devil menjelajahi hutan daratan Australia dan sebagai predator puncak, ini sangat penting," kata Tim Faulkner, presiden kelompok konservasi Aussie Ark.

Aussie Ark, yang telah mengerjakan program konservasi bersama Global Wildlife Conservation dan WildArk, telah membiakkan setan tasmania muda dan berencana untuk melepaskan 20 ekor lagi tahun depan, dan 20 ekor lainnya pada tahun berikutnya.

Tasmania devil (pen_ash dari Pixabay) 

Faulkner mengatakan kegiatan pelepasliaran setan tasmania itu adalah momen "monumental" dalam membangun kembali ekosistem Australia.

"Pelepasan devil-devil kali ini akan menjadi yang pertama dari banyak pelepasan. Kami telah membiakkan hampir 400 anak tasmanian devil, dan kami sekarang berada pada titik di mana kami dapat  melepaskan beberapa ekor untuk kembali ke alam liar," katanya.

Aktor Australia Hemsworth, yang terkenal karena memerankan Thor dalam film Marvel Cinematic Universe, mengatakan, "Kami telah memasang beberapa jebakan untuk menangkap Tasmanian Devil, dan kemudian kami akan melepaskan mereka ke alam liar."

Setan tasmania hampir punah dari daratan Australia setelah diburu oleh anjing dingo. Hewan-hewan marsupial itu dikurung di pulau Tasmania namun jumlahnya di sana juga telah menurun sejak 1990-an karena penyakit tumor wajah.

Ilustrasi (graabstein dari Pixabay) 

Australia memiliki tingkat kepunahan mamalia terburuk di dunia dan penangkaran kembali akan membantu negara itu menyeimbangkan kembali ekologi yang rusak akibat masuknya predator penyerang, kata Faulkner.

Tasmanian devil (sarcophilus harrisii) adalah marsupial karnivora dari keluarga dasyuridae. Hewan tersebut dulunya berasal dari daratan Australia dan hanya ditemukan di alam liar di Negara Bagian Tasmania. Hewan itu sekarang telah diperkenalkan kembali ke New South Wales dengan populasi perkembangbiakan kecil.

Tags : hewan langka
Rekomendasi