Rezky Fantasya Rullie, Calon Pengebom Bunuh Diri Asal Indonesia Ditangkap Militer Filipina

| 12 Oct 2020 11:57
Rezky Fantasya Rullie, Calon Pengebom Bunuh Diri Asal Indonesia Ditangkap Militer Filipina
Militan Abu Sayyaf (CNN)

ERA.id - Militer Filipina menangkap seorang calon pelaku bom bunuh diri asal Indonesia yang dituduh terlibat dalam rencana untuk menyerang sebuah kota di selatan Filipina.

Seperti dikutip dari ABC, Senin (12/10/2020), tentara dan polisi menangkap Rezky Fantasya Rullie bersama dua perempuan Filipina, yang dicurigai sebagai anggota militan Abu Sayyaf.

Mereka dilacak ke sebuah rumah di kota Jolo selatan di provinsi Sulu, tempat pihak berwenang menemukan rompi peledak dan komponen bom, kata Komando Militer Mindanao Barat.

Militer Filipina juga mengumumkan bahwa suami Rezky, Andi Baso yang dicari di Filipina dan Indonesia karena dugaan keterlibatannya dalam serangan bom, telah tewas dalam bentrokan 29 Agustus di dekat kota Patikul di Sulu.

Rezky ditangkap bersama dua perempuan lain, termasuk Inda Nurhaina, yang menurut militer adalah istri komandan Abu Sayyaf, Ben Yadah.

Ben Yadah, yang dikenal dengan nama perang Ben Tatoo, adalah salah satu tersangka utama dalam pemenggalan dua turis Kanada tahun 2016 di Sulu, yang disandera oleh pria bersenjata Abu Sayyaf untuk uang tebusan. Ben Yadah masih buron dan telah dikaitkan dengan penculikan baru-baru ini di Sulu.

Panglima Angkatan Darat Letnan Jenderal Cirilito Sobejana mengatakan, Rezky terlibat dalam plot yang terjadi “dalam waktu yang sangat dekat” untuk melakukan serangan bunuh diri di Jolo, sebelum penangkapannya.

Pihak berwenang Filipina mengatakan mereka telah melancarkan serangan bunuh diri yang menewaskan lebih dari 20 orang dan melukai lebih dari 100 lainnya selama Misa Minggu di katedral Jolo di provinsi Sulu yang berpenduduk mayoritas Muslim.

Pasangannya, Andi Baso, dituding bertanggung jawab atas ledakan tahun 2016 yang menewaskan seorang anak dan melukai tiga lainnya di sebuah gereja di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia.

Jenderal Sobejana mengatakan, Andi Baso tewas dalam baku tembak dengan pasukan di Sulu pada Agustus dan tes DNA sedang dilakukan untuk memastikan apakah tubuh yang ditemukan oleh pasukan adalah Andi Baso. Penumpasan terus berlanjut tetapi Abu Sayyaf tetap menjadi ancaman keamanan nasional

Pada bulan Agustus, serangan bunuh diri yang hampir bersamaan oleh dua orang pengebom perempuan telah menewaskan 15 orang dan melukai 75 lainnya di kota Jolo, yang merupakan serangan ekstremis terburuk di negara itu tahun ini.

Tags : Abu Sayyaf
Rekomendasi