Klaster Dewan Uni Eropa Tularkan COVID-19 ke Sejumlah Menteri

Tim Editor

Suasana konferensi tingkat tinggi (KTT) UE di Brussel, Belgia, ANTARA FOTO/Xinhua-Uni Eropa/hp.

ERA.id - Terinfeksinya Menteri Luar Negeri Austria Alexander Schallenberg oleh virus COVID-19 memperkuat dugaan bahwa rapat Dewan Urusan Luar Negeri Uni Eropa pada Senin lalu menjadi klaster virus korona baru.

"Diduga Schallenberg mungkin telah terinfeksi di Dewan Urusan Luar Negeri (Uni Eropa) di Luksemburg pada hari Senin," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Austria, Sabtu (17/10/2020).

Ia menambahkan bahwa Schallenberg tidak memiliki gejala dan telah dites secara rutin.
Sebelumnya, Menlu Belgia Sophie Wilmes yang juga hadir dalam pertemuan itu mengatakan pada Jumat (16/10) bahwa dia akan mengisolasi diri lantaran curiga dengan sejumlah gejala yang ia alami.

Schallenberg juga menghadiri rapat kabinet pada Rabu (14/10), tetapi anggota kabinet mengenakan masker wajah, kata juru bicara itu. Kabinet Austria sendiri merasa cemas karena kurang dari dua pekan yang lalu seorang rekan dekat Kanselir Sebastian Kurz dinyatakan positif terinfeksi COVID-19.

"Sebagai tindakan pencegahan, semua anggota pemerintah akan diuji pada Sabtu," kata juru bicara itu.

Terinfeksinya sejumlah orang yang hadir di Dewan Urusan Luar Negeri UE menjadi makin menunjukkan bahwa acara tersebut telah menjadi fenomena superspreader, yaitu peristiwa atau orang-orang tidak bergejala yang dapat dengan cepat menularkan virus kepada orang lain.

 
 

 

 

Tag: uni eropa belgia pandemi COVID-19 Austria

Bagikan: