Presiden Joko Widodo Jadi Nama Jalan di Abu Dhabi

| 20 Oct 2020 09:45
Presiden Joko Widodo Jadi Nama Jalan di Abu Dhabi
Presiden Joko Widodo Street (Dok. KBRI Abu Dhabi)

ERA.id - Anda mungkin sudah familiar dengan Jalan Sukarno di Rabat, Maroko atau Jalan Raden Adjeng Kartini di Amsterdam, Belanda. 

Nama tokoh Indonesia yang dijadikan nama jalan bertambah satu lagi, yakni Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).  

Peresmian nama Jalan Presiden Joko Widodo dilakukan oleh Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan, anggota sekaligus Chairman Abu Dhabi Executive Office, Senin (19/10) kemarin. 

Penamaan jalan Presiden Joko Widodo ini merupakan bentuk penghormatan (tribute) Pemerintah UEA kepada Presiden Joko Widodo dalam memajukan hubungan bilateral RI-UEA selama ini.

Jalan Presiden Joko Widodo terletak di salah satu ruas jalan utama, yang membelah ADNEC (Abu Dhabi National Exhibition Center) dengan Embassy Area, kawasan yang ditempati sejumlah Kantor Perwakilan Diplomatik. Nama jalan ini sebelumnya adalah Al Ma’arid Street (dalam bahasa Indonesia artinya ekshibisi/pameran) yang menghubungkan Jalan Rabdan dengan Jalan Tunb Al Kubra. Peresmian nama jalan itu dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Uni Emirat Arab (UEA). 

Hadir pula sejumlah pejabat Kementerian Luar Negeri UEA dan Abu Dhabi Municipality. Penamaan Jalan Presiden Jokowi ini merefleksikan hubungan erat antar pemerintah Indonesia dengan UEA.

"Penamaan jalan Presiden Joko Widodo merefleksikan hubungan erat RI–UEA, sekaligus bentuk penghormatan (tribute) Pemerintah UEA kepada Presiden RI saat ini Joko Widodo dalam memajukan hubungan bilateral RI –UEA selama menjabat sebagai kepala negara," kata Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Abu Dhabi, Nur Ibrahim  dalam keterangan tertulis, Selasa (20/10/2020).

Sementara itu, Dubes RI Husin Bagis kepada media di Abu Dhabi berharap, penamaan Jalan Presiden Joko Widodo ini dapat memperkokoh dan meningkatkan hubungan bilateral RI-UEA agar semakin erat.

Perubahan nama jalan di Abu Dhabi dengan nama pemimpin negara sahabat sebelumnya juga pernah dilakukan Pemerintah UEA pada tanggal 23 September 2019 lalu. Saat itu mereka meresmikan Jalan King Salman bin Abdulaziz Al Saud di salah satu ruas jalan di Abu Dhabi sebagai bentuk penghormatan atas kontribusi Raja Salman kepada dunia Islam dan untuk memperkuat hubungan bilateral UEA dan Arab Saudi.

Rekomendasi