Dimakan Mentah Bikin Radang Tenggorokan, Begini Cara Menyantap Buah Janda Bolong

Tim Editor

Buah janda bolong (Foto: Instagram/@sherlymilana)

ERA.idTanaman hias Monstera Deliciosa atau yang disapa janda bolong kini menjadi viral dan perbincangan publik. Sebab, tanaman hias ini bisa berbuah jika usianya sudah mencukupi.

Dikutip dari Atlas Obscura pada Selasa (20/10/2020), buah janda bolong jenis ini penuh dengan asam oksalat. Dimana zat bisa digunakan untuk memutihkan kayu dan membersihkan karat dari logam.

Jika kamu mengonsumsi buah janda bolong dalam kondisi muda dan mentah. Maka bisa mengakibatkan iritasi hingga radang tenggorokan.

Buah janda bolong (Foto: Instagram/@tumbuhbumi)

Saat buah janda bolong matang sepenuhnya, rasanya begitu nikmat dan enak. Buah Janda Bolong yang sudah benar-benar matang merupakan kombinasi yang luar biasa dari rasa tropis yang kuat seperti nanas, kelapa, dan pisang.

Di negara asalnya Meksiko, Guatemala, Panama, dan Kosta Rika, biasanya buah janda bolong dimakan sendiri atau diolah menjadi selai.

Koki juga menggunakan buah janda bolong sebagai hidangan penutup. Hidangan buah Janda Bolong dengan sedikit krim ringan atau memasukannya ke dalam cangkir buah atau es krim.

Buah Janda Bolong diberi nama Monstera Delicosa yang secara harfiah berarti 'monster yang enak'. Ini berarti mengingat kita bahwa buah yang lezat sekaligus berbahaya.

Sebab, tidak semua spesies Janda Bolong dapat berbuah bisa dikonsumsi. Untuk mematangkannya, taruh buah di dalam toples atau gelas dan tutupi dengan kantong kertas.

Buah janda bolong (Foto: Instagram/@sherlymilana)

Buah janda bolong yang sudah matang memiliki tanda, seperti sisik heksagonal hijau yang menyusun kulit luar perlahan rontok dari satu ujung ke ujung lainnya.

Kamu dapat menyenggol sisik dengan lembut menggunakan jari. Apabila ada bagian yang sisiknya belum terlepas. Itu berarti masih berbahaya untuk dikonsumsi dan perlu waktu lebih lama untuk matang.

Bahkan ketika buahnya siap untuk dimakan, kita harus ekstra sabar dan tidak langsung bisa menyantapnya. Hal ini untuk menghindari resiko yang mungkin terjadi. Terlalu banyak makan buah janda bolong bisa menyebabkan efek pencahar.

Dibutuhkan usaha dan perhatian ekstra jika ingin menyatap buah janda bolong. Meski sudah matang, buah janda bolong masih mengandung sedikit asam oksalat dan harus dihindari oleh seseorang yang sensitif terhadap zat ini.

Kamu mungkin juga melihat beberapa bintik hitam pada buah. Ini bisa dimakan, tapi dapat mengiritasi mulut. Sebaiknya, bintik hitam dipetik saat memakannya. Bisa juga, disisihkan saat dimasak untuk membuat selai.

Tag: buah Janda Bolong Tanaman Hias

Bagikan: