Gempa 7.0 M Mengguncang Laut Aegea, Robohkan Gedung di Turki

Tim Editor

Ilustrasi: Gempa bumi (Foto: Andrew Buchanan/Unsplash)

ERA.id - Gempa berkekuatan 7.0 M mengguncang Laut Aegean, Jumat (30/10/2020) siang waktu setempat, meruntuhkan sejumlah bangunan di kawasan tepi barat Turki.

Warga Kota Izmir, Turki, dikabarkan lari ke jalanan setelah mereka berusaha menyelamatkan diri dari dalam gedung. Berdasarkan laporan CNN, walikota setempat mengabarkan setidaknya 20 gedung roboh akibat gempa.

Di kota Bornova dan Bayrakli, gedung-gedung juga dikabarkan telah roboh, seperti disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu melalui Twitter.

"Tim kami terus melakukan pengawasan dan intervensi di lapangan," kata sang menteri. Sejauh ini belum ada laporan resmi mengenai jumlah korban jiwa maupun gedung yang terdampak.

Berdasarkan laporan badan kebencanaan Turki (AFAD), gempa bumi terjadi pada pukul 11:50 GMT dan berpusat 17 kilometer lepas pantai provinsi Izmir. Gempa tersebut berkedalaman 16 kilometer.

Presiden Turki Reccep Tayyip Erdogan telah menyampaikan, via Twitter, ungkapan dukungannya pada warganya di kota Izmir.

"Dengan seluruh daya upaya yang dimiliki negara ini, kami siap sedia bagi para warga yang terdampak oleh gempa bumi. Kami telah memulai upaya yang diperlukan di kawasan tersebut, bersama dengan institusi dan kementerian terkait," kata Erdogan.

Sementara itu di Pulau Samos, pulau yang berpenduduk 45.000 orang, warga diminta untuk menjauhi pantai, seperti disampaikan oleh Eftyhmios Lekkas, kepala perencanaan kebencanaan Yunani, seperti dilansir Al Jazeera.

"Gempanya sangat kuat. Sulit membayangkan ada gempa yang lebih besar dari ini," kata Lekkas.

Tag: turki gempa bumi

Bagikan: