Bocah 3 Tahun Selamat dari Gempa Turki, 65 Jam di Bawah Runtuhan Bangunan

Tim Editor

Gempa bumi berkekuatan 6,9 magnitudo mengguncang kawasan barat Turki, Jumat (30/10/2020). (Foto: Anadolu Agency)

ERA.id - Seorang bocah berumur 3 tahun ditemukan dalam kondisi selamat di bawah reruntuhan bangunan di Kota Izmir, Turki, beberapa hari setelah gempa berkekuatan 6,9 magnitudo mengguncang Laut Aegea.

Bocah, yang oleh media lokal Turki disebutkan bernama Elif Perincek, berhasil bertahan hidup selama 65 jam, meski tertimpa reruntuhan di distrik Bayrakli di kawasan barat Provinsi Izmir, seperti dilaporkan media Turki Anadolu Agency, Senin (2/11/2020).

Elif dikabarkan menjadi orang kelima dalam keluarganya yang berhasil diselamatkan oleh tim penyelamat. Sebelumnya, 23 jam pascagempa, ibu Elif Seher Dereli Perincek dan dua saudara kembar Elif, Ezel dan Elzem Perincek, berhasil diselamatkan. Di samping itu tim juga menyelamatkan Umut Perincek, saudara Elif yang berumur tujuh tahun.

Sayangnya, Umut akhirnya meninggal dunia, sementara ibu dan kedua saudara Elif lainnya saat ini sedang menjalani perawatan.

Penyelamatan Elif diekspresikan oleh Mehmet Gulluoglu, kepala badan kebencanaan Turki (AFAD) melalui Twitter. Ia mengaku sangat bahagia bisa menemukan perempuan kecil itu dalam kondisi selamat.

Memasuki hari ketiga proses evakuasi korban gempa Turki, tim penyelamat mulai menyisir delapan gedung yang roboh di Kota Izmir, sebuah kota di kawasan barat Turki, Senin (2/11/2020).

Berdasarkan laporan pemerintah Turki, total 81 warga tewas akibat gempa bumi yang berpusat di Laut Aegea, Jumat lalu. Dari angka tersebut, 79 orang meninggal di Izmir, sementara dua orang remaja ditemukan tewas di Pulau Samos, Yunani, seperti dilaporkan Reuters.

Saat ini 3.500 tenda dan 13.000 tempat tidur telah disediakan sebagai tempat tinggal sementara untuk warga yang terdampak, demikian disampaikan AFAD. Badan ini juga menyampaikan bahwa 962 warga Turki menjadi korban luka dalam bencana alam tersebut.

Turki sendiri dilintasi oleh patahan lempeng bumi dan sangat rentan terhadap bencana gempa bumi. Pada 1999, dua peristiwa gempa bumi berkekuatan besar membunuh 18.000 orang di kawasan barat laut Turki.

Gempa bumi pada Jumat lalu, menurut Kandilli Institute yang berkantor di Istanbul, Turki, memiliki kekuatan 6,9 magnitudo dan berpusat di Laut Aegea, sebelah timur laut Pulau Samos.

Tag: turki gempa bumi

Bagikan: