Gempa M 7.0 di Turki dan Yunani, 4 Orang Tewas

Tim Editor

Gempa Turki (CNN)

ERA.id - Setidaknya empat orang tewas akibat gempa berkekuatan Magnitudo (M) 7di kota Izmir, sebelah barat Turki, dan Samos, Yunani pada Jumat (30/10/2020).

Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca juga mengumumkan sedikitnya 120 orang terluka. Walikota Izmir mengatakan bahwa setidaknya 20 bangunan hancur.

Seperti dikutip dari CNN, Jumat (30/10/2020) menunjukkan sebuah mobil hancur di bawah bangunan yang telah runtuh dan orang-orang menggali puing-puing, tampaknya untuk mencari orang yang selamat.

Gempa Turki (CNN)

 

Gubernur Izmir, Yavuz Selim Köşger mengatakan tim pencari telah menyelamatkan 70 orang yang terluka, dan meminta warga untuk tidak berada di jalan sehingga ambulans dan kendaraan darurat lainnya dapat mencapai daerah yang terkena dampak.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat besarnya gempa pada M 7,0, sementara otoritas Turki mengatakan gempa berkekuatan M6,6. Gempa berpusat di 14 kilometer (8,7 mil) timur laut kota Néon Karlovásion di Samos, Yunani Yunani.

Pusat gempa berada di kedalaman yang relatif dangkal 10 kilometer, USGS melaporkan, membuat dampaknya sangat terasa di permukaan tanah di sekitar pusat gempa.

Pihak berwenang di kedua negara telah melaporkan puluhan gempa susulan setelah gempa tersebut.

Tag: gempa

Bagikan: