Hasil Pilpres AS Mungkin Belum Akan Selesai Dihitung dalam Semalam

| 04 Nov 2020 13:30
Hasil Pilpres AS Mungkin Belum Akan Selesai Dihitung dalam Semalam
Pacific Ball Room di Long Beach, California, merupakan salah satu tempat pemungutan suara langsung selama Pilpres Amerika Serikat 2020. (Foto: Stephanie Stutzman/Twitter)

ERA.id - Kemungkinan besar warga Amerika Serikat belum akan mengetahui siapa kandidat presiden AS yang terpilih pada Selasa (3/11/2020) menyusul banyaknya surat suara yang dikumpulkan melalui pos, atau dikenal dengan sistem 'mail-in votes'.

Di tengah pandemi virus korona yang tak terkendali di negeri Paman Sam itu, dan juga kekhawatiran akan penuhnya tempat-tempat pemunguta suara, masyarakat di berbagai negara bagian AS memilih untuk mengisi surat suara di rumah dan mengirimkannya via pos, beberapa hari sebelum tanggal pemilihan umum 3 November lalu.

Dan seperti diketahui, pada pilpres ini jumlah surat suara via pos meningkat pesat. Satu hari sebelum pemilihan umum saja sudah ada 65 juta surat suara yang terkumpul.

Di sisi lain, negara bagian AS menerapkan mekanisme yang berbeda-beda tentang cara memproses surat suara yang datang lebih awal ini. Misalnya, penyelenggara pemilu di negara bagian Florida yang sudah biasa dengan sistem 'mail-in ballots' mulai menghitung surat suara 22 hari sebelum tanggal pemilihan umum. Di North Carolina bahkan periode penghitungan awal itu berjalan lebih lama, yaitu lima pekan.

Sementara di negara bagian lainnya, seperti Michigan, Pennsylvania, dan Wisconsin - yang suara finalnya ditengarai akan sangat menentukan dalam pilpres Amerika 2020 ini - memilih untuk tidak menghitung satu pun surat suara sebelum hari pemilihan umum. Hal ini menyebabkan penghitungan akan butuh waktu lebih lama, bahkan bisa saja perlu beberapa hari.

Lagipula perlu diketahui bahwa di beberapa negara bagian AS, tanggal pemilihan umum bukanlah tenggat pengumpulan surat suara via pos. Seperti disampaikan Associated Press, surat-surat suara yang tiba beberapa hari pasca-pilpres pun masih akan dihitung bila mendapat cap pos sebelum tanggal tertentu.

Misalnya, surat suara di Nevada masih akan dianggap sah hingga 10 November bila ia mendapat cap pos pada tanggal pemilihan umum (3 November). Di negara bagian North Carolina bahkan surat suara sah masih bisa ditunggu hingga 12 November.

Apakah kita bisa menerka-nerka lebih awal tanpa menunggu penghitungan surat suara hingga selesai?

Associated Press mengatakan hal itu bisa dilakukan dengan mencermati siapa yang memenangkan negara bagian Florida dan Georgia. Secara sederhana, jika Biden berhasil merebut dua negara bagiani itu, maka jalan Trump untuk menang menjadi sangat sempit. Demikian juga bila hal itu terjadi di North Carolina.

Rekomendasi