Hasil Pemilu AS 2020: Biden Unggul 209 Suara Elektoral, Trump 118

Tim Editor

Ilustrasi: Calon Presiden Amerika Serikat, Joe Biden dan Donald Trump. (Foto: Ilham/ERA.id)

ERA.id - Joe Biden, kandidat presiden AS dari Partai Demokrat, sejauh ini, Rabu (4/11/2020) pukul 11.21 WIB, unggul dalam peroleh suara elektoral terhadap petahana Presiden Donald Trump. Perolehan suara Biden-Trump adalah 209:118 untuk keunggulan Biden.

Biden terakhir mengambil alih suara di 15 negara bagian, dengan California, Oregon, dan Washington - negara-negara bagian yang solid mendukung Demokrat - memberikan dorongan suara elektoral bagi mantan wakil presiden era Barack Obama itu.

Namun, perjalanan penghitungan suara dalam pilpres masih panjang. Trump pun masih memiliki kans kembali menang, sama seperti yang terjadi pada tahun 2016 lalu ketika ia mengejutkan banyak pihak karena unggul secara elektoral dari Hillary Clinton.

Di sejumlah 'swing states', atau negara bagian yang dukungannya fluktuatif di setiap pilpres empat tahunan di AS, perhitungan suara Trump cukup bagus meski belum final. Seperti dikabarkano oleh koran The Guardian, penghitungan terkini menunjukkan di North Carolina, Trump unggul 2 poin dari Biden. Sementara, di Georgia sang presiden unggul hampir 9 poin.

Tertinggalnya perolehan suara Joe Biden di Georgia menunjukkan realitas yang meleset dari poling selama ini, yang memperkirakan bahwa Biden akan unggul di Florida dan Georgia.

Di Georgia sendiri, dengan 91 persen surat suara selesai dihitung, Donald Trump unggul daripada Biden dengan margin 3 poin. Perolehan suara mereka sejauh ini 51%-48% di negara bagian itu. Padahal, di poling-poling yang telah lalu, Biden jauh lebih diunggulkan dengan margin kemenangan mencapai 5 poin.

Namun, barangkali Partai Demokrat tidak akan terlalu menyesalkan ketertinggalan mereka di Florida atau Georgia. Kedua negara bagian ini bisa 'dikorbankan' bila mereka sanggup unggul di kawasan 'midwestern' Amerika Serikat, yaitu kawasan yang mencakup Michigan, Wisonsin, dan Pennsylvania. Negara bagian yang belakangan ini kabarnya baru bisa mulai menghitung surat suara yang masuk pada Rabu (4/11/2020) waktu setempat, sehingga diperkirakan hasil akhir pilpres AS 2020 masih belum akan final bahkan dalam waktu beberapa jam ke depan.

Tag: donald trump Biden-Harris Pilpres amerika

Bagikan: