Tim Kampanye Donald Trump Berupaya Hentikan Hitung Suara di 'KPU' Georgia

| 05 Nov 2020 07:48
Tim Kampanye Donald Trump Berupaya Hentikan Hitung Suara di 'KPU' Georgia
Kandidat presiden-wakil presiden dari Partai Republik: Donald Trump dan Mike Pence. (CNN)

ERA.id - Tim kampanye Presiden Donald Trump telah melayangkan gugatan ke kantor pemilihan umum di negara bagian Georgia guna menghentikan proses hitung suara yang sedang berlangsung di negara bagian itu, seperti disampaikan Associated Press, Rabu (4/11/2020).

Saat ini, dengan 97 persen surat suara telah terhitung, Trump unggul tipis 1,1 poin dari Joe Biden dalam pemilihan presiden AS 2020.

"Kami memastikan agar setiap surat suara masuk hitungan," kata Rick Barron, direktur kantor pemilihan umum Fulton County, seperti dikutip The Guardian. "Saya rasa proses ini baru akan selesai hingga malam dini hari nanti."

"Kami akan tetap melaksanakan ini sampai selesai malam ini," kata dia. "Apapun resikonya."

Surat suara langsung yang saat ini belum terhitung di Georgia datang dari kawasan pemukiman seperti Fulton, Chatham, Cobb, dan DeKalb.

Dengan masih berjalannya proses hitung suara, belum bisa dipastikan siapa yang akan meraup 16 suara elektoral milik Georgia. Sejauh ini muncul tren bahwa surat suara langsung yang masuk memilih Joe Biden sehingga mengikis margin keunggulan Trump.

Kawasan Fulton, yang merupakan ibu kota Georgia, sangat bersimpati terhadap Biden, begitu pun DeKalb.

Seperti disampaikan Reuters, Kamis (4/11/2020), tim kampanye Trump telah mencoba menggugat proses hitung suara di beberapa negara bagian yang suaranya sangat diperhitungkan sejak Rabu malam.

Dengan negara bagian Michigan dan Wisconsin berhasil direbut oleh Biden, harapan Trump untuk kembali terpilih kini hanya tersisa di negara-negara bagian Pennsylvania, Georgia, North Carolina dan Alaska.

Rekomendasi