Rusia Tawarkan Indonesia Vaksin Corona Sputnik V

Tim Editor

Rusia pada Selasa (12/8/2020) merilis vaksin COVID-19 bernama Sputnik V meski sejauh ini data hasil uji klinis 1 dan 2 dari vaksin tersebut belum dirilis ke publik.

ERA.id - Pemerintah Federasi Rusia menegaskan kesiapan mereka dalam menjalin kerja sama pengadaan vaksin COVID-19 dengan pemerintah Indonesia, seperti dinyatakan Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva, dalam sebuah acara taklimat media di Jakarta, Rabu (11/11/2020).

Seperti dilansir ANTARA, Dubes Rusia tersebut mengatakan ada tiga bakal vaksin yang tengah dikembangkan di negaranya saat ini, salah satunya yakni vaksin Sputnik V yang tengah berada di tahap ketiga uji klinis.

Pemerintah Rusia, yang berencana untuk melakukan vaksinasi besar-besaran terhadap masyarakat Rusia akhir tahun ini berharap agar vaksin Sputnik V juga bisa dipakai untuk melawan wabah COVID-19 di negara-negara mitra.

“Saya ingin menegaskan kembali bahwa Rusia siap untuk bekerjasama dengan Indonesia dalam area produksi dan distribusi vaksin,” kata Dubes Vorobieva.

Dia juga menyebut bahwa pemerintahnya mendukung sikap Indonesia yang meyakini bahwa semua negara, baik kecil maupun besar, perlu mendapatkan akses yang setara terhadap vaksin COVID-19.

“Kami juga siap untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam aspek ini. Semua proposal telah kami berikan kepada otoritas terkait di Indonesia, dan sejumlah perusahaan juga telah menunjukkan ketertarikan. Konsultasi dan diskusi tengah berjalaan saat ini,” paparnya.

Dubes Vorobieva tidak menyebutkan secara detil terkait perusahaan Tanah Air yang kemungkinan berpotensi menjalin kerja sama dengan pihaknya, namun dia mengatakan bahwa hingga saat ini, pihak Rusia masih menunggu respon resmi dari pemerintah Indonesia melalui kementerian-kementerian terkait.

Vaksin Sputnik V garapan Institut Gamaleya tengah melewati uji klinis tahap ketiga yang melibatkan 40.000 orang dari Rusia dan beberapa negara lain seperti Brazil, India, dan Belarus.

Vorobieva juga mengatakan bahwa dua bakal vaksin lainnya yang tengah diuji klinis adalah vaksin Vektor (tahap II) dan EpiVac (Tahap I).

Sebagai informasi, Indonesia telah menjalin kerja sama dengan sejumlah negara terkait pengembangan dan distribusi vaksin COVID-19, termasuk China, Korea Selatan, Inggris, dan Uni Emirat Arab.

Tag: rusia vaksin covid-19

Bagikan: