KTT ke-37 ASEAN Berjalan via Telekonferensi

| 12 Nov 2020 15:15
KTT ke-37 ASEAN Berjalan via Telekonferensi
Upacara Pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-37 ASEAN. (Foto: CNA)

ERA.id - Konferensi Tingkat TInggi (KTT) ke-37 dari Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) berjalan pada Kamis (12/11/2020) via konferensi video di tengah meluasnya pandemi COVID-19.

Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc dijadwalkan bakal meresmikan dibukanya KTT Asean tahun ini dalam upacara yang dihadiri secara daring oleh kepala-kepala negara di ASEAN, seperti tercantum dalam pernyataan yang dirilis Sekretariat ASEAN di Jakarta, Kamis.

"Kepemimpinan Vietnam di ASEAN tahun ini patut dicontoh. Meski harus menghadapi tantangan wabah COVID-19 di dalam negeri dan juga sejumlah bencana alam lainnya, Vietnam telah menunjukkan kualitas kepemimpinan yang yang bisa mempertahankan keselarasan dan respon cepat kawasan ini terhadap beberapa tantangan tersebut," kata Sekretaris-Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi.

Salah satu isu yang mengemuka di KTT ke-37 ASEAN ini antara lain soal persetujuan Kerangka Pemulihan Komprehensif ASEAN dan Rencana Implementasinya, yang bakal menjadi jalan keluar bagi kawasan Asia Tenggara dari pandemi COVID-19.

Diskusi lainnya akan menyangkut kebijakan ASEAN Travel Corridor Arrangement (TCA) yang mempermudah proses mobilisasi individu secara aman di dalam kawasan ASEAN.

PM Phuc, yang juga menjadi Ketua ASEAN tahun ini, juga dijadwalkan untuk mengumumkan penerima ASEAN Prize tahun 2020. Dimulai sejak 2018, ASEAN Prize bertujuan untuk mengapresiasi pencapaian dan konstribusi seorang individu atau suatu organisasi dalam memperkuat identitas dan semangat ASEAN.

Selain itu, para kepala-kepala negara ASEAN juga akan berdialog dengan kepala-kepala negara mitra darlam forum ASEAN Plus One.

Sebelum KTT ke-36 ASEAN ini, selama 2020 para kepala negara di kawasan Asia Tenggara telah melakukan tiga konferensi tingkat tinggi secara virtual, yaitu KTT Istimewa ASEAN, KTT Istimewa ASEAN Plus Three, keduanya pada 14 Paril, dan KTT ke-36 ASEAN pada 26 Juni lalu.

ASEAN didirikan di Bangkok, Thailand pada 8 Agustus 1967 ketika lima negara pendiri - Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand - menandatangani Deklarasi ASEAN. Sejak itu, ASEAN telah menerima beberapa anggota baru termasuk Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam.

Brunei Darussalam dijadwalkan memimpin ASEAN untuk tahun 2021 nanti.

Tags : ktt asean
Rekomendasi