Biden Menang Pilpres AS, RI Harap Ketegangan di Laut China Selatan Mereda

Tim Editor

Joe Biden (CNBC)

ERA.id - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi hasil Pemilihan Presiden di Amerika Serikat dan berharap pasangan Joe Biden dan Kamala Harris bisa membawa stabilitas politik di kawasan Asia Pasifik.

Selain itu, ia berharap, terpilihanya Joe Biden sebagai Presiden AS ke 46 ini mampu memberikan ketenangan dan kepastian bagi pasar global.

"Bagi Indonesia yang penting adalah kepastian terhadap stabilitas politik dan geopolitik di China-Amerika menjadi penting. Sehingga kami berharap, negara kita ini memerlukan ketenangan dan kepastian," ujar Airlangga dalam konferensi pers virtual, Senin (9/11/2020).

Oleh karena itu, Airlangga berharap kepemimpinan Joe Biden bisa membawa ketenangan di negara-negara Indo-Pasifik yang selama ini cukup berimbas akibat ketegangan antara Amerika dan China di Laut China Selatan.

"Ketenangan dan kepastian itu baru ada kalau geopolitik itu aman dan kita berharap kepemimpinan baru di Amerika membawa ketenangan di Indo Pasifik," kata Airlangga.

Airlangga menilai, jika negara-negara di Indo-Pasifik aman dan tenang, maka bisa memberikan implikasi terhadap perekonomian yang berkelanjutan. Sehingga mendorong pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19 di negara-negara regional ASEAN, khususnya di Indonesia.

"Kalau Indo-Pasifik aman maka pertumbuhan ekonomi bisa kita jaga dan ada optimisme, bukan hanya nasional tapi juga regional. Sehingga kita bisa menjalankan ekonomi dalam upaya menyejahterahkan rakyat," pungkasnya.

Joe Biden dinyatakan sebagai pemenang Pilpres AS setelah mendapatkan 284 electoral vote pada Pilpres AS mengalahkan Donald Trump.

Tag: joe biden

Bagikan: