Obama Pastikan Tak Akan Jadi Menteri dalam Kabinet Biden

| 16 Nov 2020 18:09
Obama Pastikan Tak Akan Jadi Menteri dalam Kabinet Biden
Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama (Foto: History in HD)

ERA.id - Barack Obama menyatakan tak akan menerima tawaran posisi kabinet dari Presiden-terpilih Joe Biden. Sambil bercanda ia mengaku bakal ditinggal istrinya, Michelle, bila kembali bekerja di pemerintahan.

Obama, presiden ke-44 AS, membuat pernyataan tersebut saat diwawancarai dalam program TV CBS Sunday Morning, dua hari sebelum peluncuran buku terbarunya, A Promised Land.

Ditanyai mengenai bagaimana ia akan membantu Biden, yang rencananya akan dilantik pada 20 Januari 2021 nanti, Obama menjawab, "Ia tidak memerlukan nasihat saya, dan saya akan membantunya sebaik yang saya bisa. Saat ini saya tidak berencana bekerja sebagai staf Gedung Putih atau semacamnya."

Susan Rice dan Michelle Flournoy, dua orang pejabat dalam masa kepresidenan Obama, kini kabarnya tengah disiapkan menjadi menteri di kabinet pilihan Joe Biden.

Ketika ditanyai soal kenapa ia tidak tertarik pada tawaran posisi kabinet, Obama menjawab, "Ada beberapa hal yang tak bisa saya lakukan karena bisa-bisa Michelle meninggalkan saya. Dia pasti akan bilang, 'Apa? Kamu mau apa?'"

Dalam buku terbarunya, yang kontraknya dengan penerbit Penguin Random House mencapai nilai 65 juta dolar AS (Rp916,5 miliar), Obama menceritakan bagaimana karirnya yang pesat di Senat AS, hingga berhasil mendarat di Gedung Putih, telah berdampak pada pernikahannya dan dengan kehidupan dalam keluarganya.

Obama mengatakan bahwa karirnya di politik, yang membuatnya jarang hadir di keluarga, membuat istrinya kesulitan untuk mengejar karir impian di bidang hukum. Dalam buku tersebut Obama menulis Michelle harus mengorbankan kesempatan yang sangat cerah bagi dirinya, karena bakal membuatnya jauh dari kedua putri mereka, Sasha dan Malia.

"Saat saya terpilih (sebagai presiden), ia harus meninggalkan pekerjaannya demi posisinya sebagai Ibu Negara, yang posisinya terlalu kecil untuk seluruh bakat yang ia miliki."

Saat ini, keluarga Obama dipastikan sudah cukup sibuk setelah mendirikan sebuah yayasan amal, serta menandatangani kontrak produksi dengan kanal hiburan Netflix.

Di tengah diskusi buku itu, diketahui pula bahwa Obama turut menuliskan momen-momen ketika ia harus melepaskan posisinya sebagai Presiden Amerika Serikat dengan seluruh privilese yang ia miliki. Hal ini tampak kontras dengan Presiden Donald Trump yang masih menolak mengakui hasil Pilpres AS.

Salah satu momen yang diceritakan Obama adalah soal tidak adanya lagi iring-iringan mobil kepresidenan.

"Saya sekarang naik mobil sendiri," kata Obama, sambil tertawa. "Saya memang tidak menyetir sendiri, namun, saya duduk di kursi belakang, memandangi iPad saya atau entahlah. Lalu tiba-tiba mobil berhenti dan saya bertanya, 'Ada apa?' Dan ternyata kami sedang berhenti di lampu merah. Sebuah mobil berhenti di samping mobil saya. Saya lihat di kursi belakang anak-anak sedang makan burrito atau entah apa," kata Obama.

"Kembali ke kehidupan nyata."

 

 

Rekomendasi