Sebulan Program, Inggris Vaksinasi COVID-19 ke 1,3 Juta Orang

| 06 Jan 2021 11:33
Sebulan Program, Inggris Vaksinasi COVID-19 ke 1,3 Juta Orang
Aktor Ian McKellen divaksin COVID-19 dari Pfizer-BioNTech oleh Dr Phil Bennett-Richards di Rumah Sakit Arts Research Centre, Queen Mary University, London, Inggris, Rabu (16/12/2020). (ANTARA/REUTERS/Jeff Moore/am.)

ERA.id - Lebih dari 1,3 juta orang di Inggris telah divaksinasi COVID-19, Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan pada Selasa (5/1/2021).

Ia berjanji untuk menerbitkan statistik harian tentang progres jumlah penerima vaksin, yang dicanangkan untuk mengakhiri penguncian total terbaru di Inggris. Johnson telah menetapkan target untuk memvaksinasi orang tua, termasuk penghuni panti jompo, pekerja garis depan atau sekitar lebih dari 13 juta orang - pada pertengahan Februari.

Jika semuanya berjalan lancar, dia mengatakan bahwa Inggris dapat mempertimbangkan untuk melonggarkan pembatasan karantina wilayah sejak saat itu.

"Saya ingin memberi Anda ... transparansi semaksimal mungkin tentang peluncuran vaksin ini," katanya pada konferensi pers, menjanjikan rincian lebih lanjut pada Kamis, dengan pembaruan harian mulai Senin depan, seperti dikutip ANTARA.

Inggris telah menginokulasi warga dengan vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer dan BioNTech Jerman selama empat minggu terakhir dan pada Senin juga menjadi negara pertama di dunia yang mulai menyebarkan vaksin yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan Universitas Oxford.

Warga Usia 80 Tahun

Johnson mengatakan 650.000 orang yang berusia di atas 80 tahun telah menerima satu dosis vaksin COVID-19 sejauh ini. Ia memuji "tingkat kekebalan yang signifikan" yang akan mereka miliki dalam dua hingga tiga pekan setelah dosis pertama mereka.

Inggris mengatakan dua dosis vaksin AstraZeneca atau Pfizer dapat dikirimkan selama 12 minggu.

Suntikan AstraZeneca diuji dengan interval yang berbeda di antara dosis vaksin itu.

Pfizer mengatakan tidak ada data yang menunjukkan kemanjuran dosis pertamanya setelah 21 hari.

Kepala Petugas Medis Inggris Chris Whitty mengatakan ada "sedikit kekhawatiran" bahwa strategi itu dapat menimbulkan "mutan yang lolos" dari virus korona, tetapi manfaat kesehatan masyarakat akan lebih besar daripada risikonya.

"Jelas jika kami memiliki vaksin tak terbatas, kami mungkin akan mengambil pendekatan yang berbeda, tetapi kami tidak melakukannya," kata Whitty, menambahkan bahwa "pandangan kami yang cukup kuat adalah bahwa kami pikir perlindungan akan lebih dari 50 persen" setelah satu dosis.

"Karena ada manfaat bagi Inggris, kami mendukung hal ini."

Rekomendasi