Madinah Dinobatkan Sebagai Kota Tersehat di Dunia oleh WHO, Ini Alasannya

| 25 Jan 2021 14:58
Madinah Dinobatkan Sebagai Kota Tersehat di Dunia oleh WHO, Ini Alasannya
Madinah (Arabnews)

ERA.id - Kota Madinah di Arab Saudi dinobatkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai salah satu kota tersehat di dunia.

Apa alasan Madinah menjadi kota tersehat di dunia? Salah satu Kota Suci umat Islam itu menjadi kota tersehat di dunia setelah tim WHO yang berkunjung ke Madinah mengatakan bahwa kota itu memenuhi semua standar global yang diperlukan untuk menjadi kota yang sehat.

Seperti dikutip dari Arabnews, Senin (25/1/2021), Madinah diyakini sebagai kota pertama dengan populasi lebih dari 2 juta yang diakui di bawah Program Kota Sehat WHO. Sebanyak 22 badan pemerintah, komunitas, amal dan relawan membantu mempersiapkan akreditasi WHO.

Program terpadu kota ini termasuk kemitraan strategis dengan Universitas Taibah, Madinah untuk mencatat persyaratan pemerintah pada platform elektronik untuk tinjauan organisasi.

WHO juga merekomendasikan agar universitas Taibah memberikan pelatihan kepada instansi kota nasional lainnya yang berminat mengikuti program kota sehat.

Sebuah komite yang diketuai oleh presiden universitas, Dr. Abdul Aziz Assarani, mengawasi 100 anggota yang mewakili 22 badan pemerintah, sipil, amal dan sukarelawan.

Kriteria termasuk memenuhi tujuan yang ditetapkan oleh Proyek Strategi Wilayah Madinah dan peluncuran program "Kota Manusiawi".

Menurut WHO, kriteria kota sehat adalah kota yang terus-menerus menciptakan dan meningkatkan lingkungan fisik dan sosial tersebut dan memperluas sumber daya komunitas yang memungkinkan orang untuk saling mendukung satu sama lain dalam menjalankan semua fungsi kehidupan dan berkembang secara maksimal.

Rekomendasi