RI Sita Kapal Tankernya, Begini Reaksi Iran

Tim Editor

Kapal Tanker Iran (Dok. Bakamla)

ERA.id - Pemerintah Iran meminta informasi dan penjelasan dari Pemerintah Indonesia terkait ditangkapnya kapal tanker milik warga mereka di perairan Indonesia.

Seperti dilansir dari Al Jazeera, Selasa (26/1/2021), Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Saeed Khatibzadeh mengatakan, Iran telah mendengar kabar yang bertolak belakang, tentang penangkapan Kapal MT Horse pada Minggu, dan kini sedang meminta klarifikasi dari Jakarta. 

"Ini adalah masalah teknis, dan kondisi ini sering terjadi dalam perkapalan," katanya dalam konferensi pers. 

Sebelumnya diketahui jika pemerintah Indonesia telah menangkap kapal berbendera Iran MT Horse, serta satu kapal berbendera Panama, MT Freya, di perairan sekitar Kalimantan. Kedua kapal diduga sedang melakukan transaksi minyak ilegal. 

Disebutkan jika kapal sempat menolak untuk menyebutkan identitasnya dengan tidak memasang bendera asal mereka, kemudian mematikan radio transponder, dan tidak merespons pada panggilan lewat radio. 

Iran yang kini mengalami embargo minyak dari Amerika Serikat, disebut melakukan transaksi jual beli minyak di bawah radar, dengan mematikan sistem pelacakan.

Tahun lalu, Iran menggunakan kapal MT Horse untuk mengirim 2,1 juta barel kepada negara yang juga mendapat sanksi dari Amerika Serikat dan Kanada.

Tag: bakamla iran transfer minyak ilegal

Bagikan: