Viral, Diberi Sembako Pemulung Ini Mencak-Mencak, Warganet Malah Salah Fokus

| 26 Jan 2021 09:32
Viral, Diberi Sembako Pemulung Ini Mencak-Mencak, Warganet Malah Salah Fokus
Ilustrasi pemulung (Wikimedia Commons)

ERA.id - Beredar sebuah video yang memperlihatkan seorang pemulung marah kepada seorang lelaki yang memberinya bantuan. Alasannya, donatur itu ingin mendokumentasikan pemberiannya dan si pemulung merasa tak suka dieksploitasi.

Aksi itu direkam oleh seorang akun Instagram bernama Eko Kucay, yang juga seorang YouTuber. Kemungkinan besar, Eko pula yang mengalami kejadian itu.

Awalnya, Eko membawa sembako dalam sebuah kantong plastik, kemudian ia memberi sembako itu kepada pemulung (yang sudah diburamkan wajahnya) di jalanan.

Awalnya pemulung ini menerima sembako Eko, namun ketika Eko hendak memotret, justru handphone (HP) miliknya ditepis hingga terlempar. Eko kaget, apalagi hpnya sempat hilang di semak-semak.

Terlihat pula dalam sebuah video, Eko didorong oleh pemulung tersebut. "Apa ini foto-foto? Untuk apa? Kalo mau ngasih, ngasih aja. Lo mau ngasih sedekah atau mau pamer ini? Lo mau pamer di medsos? Ikhlas nggak ngasihnya? Kalo nggak ikhlas gua balikin, malu gua difoto-foto. Pemulung ini gua," beber sang pemulung sambil terus marah-marah.

Eko yang terkejut dengan aksi pemulung ini hanya bisa sibuk mencari HP yang terlempar ke semak. Ia juga mengatakan HP miliknya pecah dan rusak karena terbentur batu sewaktu didorong oleh pemulung itu.

Video ini ada dua versi. Pertama, Eko yang mencari HP-nya di semak-semak dan yang kedua, Eko bersama HP-nya terlempar ke jalanan usai didorong oleh pemulung.

Apa komentar warganet? Banyak yang mengira, video tersebut adalah setting-an alias sudah diatur sedemikian rupa. Alasannya, dorongan pemulung kepada pemberi sembako tersebut terlihat pelan, sementara pemberi sembako terlempar jauh, seperti didorong dengan sekuat tenaga.

"Sinetron bet, didorong gak seberapa jatunya sampe jatuh cinta," tulis akun Instagram @hi.af_hr.

Begitu juga dengan @aseprahmathidayataja. "Mau settingan ataupun bukan ya memberi sedekah harus ikhlas..mau difoto ataupun tidak harus ada ijin juga untuk dari penerima boleh atau tidak..jika boleh silahkan sedangkan tidak boleh jangan memaksa kan.."

Lain halnya dengan akun @rudy_djayanto. Menurutnya, video itu adalah sebuah sindiran untuk orang lain. "Kayaknya settingan buat nyindir orang."

Rekomendasi