Fakta Patung Soedirman di Negeri Sakura, Sangat Dihormati dan Simbol Persahabatan RI-Jepang

| 06 Feb 2021 16:00
Fakta Patung Soedirman di Negeri Sakura, Sangat Dihormati dan Simbol Persahabatan RI-Jepang
Patung Jenderal Soedirman (Dok. KBRI Tokyo)

ERA.id - Jenderal Soedriman adalah pahlawan yang sangat berjasa bagi Idnonesia. Beliau dengan gigih memperjuangkan kemerdekaan bangsa. Jenderal Soedirman merupakan seorang jenderal besar pada masa revolusi.

Selain sosok yang cerdas dan pemberani, jenderal Soedirman juga taat agama gengs. Beliau menderita TBC dan meninggal muda pada usia 34 tahun. Meski masih muda Beliau adalah panglima besar TNI di negara Republik Indonesia Serikat.

Jenderal Soedirman juga merupakan sosok yang dihormati di Jepang. Bahkan patung Soedirman juga ada di negeri Sakura tersebut.

Patung Jenderal Soedirman (Dok. KBRI Tokyo)

Patung Jenderal Soedirman ada di lapangan Boueshou. Boueshou kalau dalam bahasa Indonesia artinya adalah Kementerian Pertahanan Jepang. Dihadiahkan oleh Menhan Indonesia pada tahun 2011.

Sebagai bukti persahabatan dan kerjasama di bidang pertahan antara Indonesia dan Jepang. Patung Jenderal Soedirman yang terbuat dari perunggu  iu berukuran 4 meter. Menjadi sosok pahlawan asing satu-satunya di Jepang.

Pada tahun 2015, Duta Besar Indonesia untuk Jepang juga dapat undangan resmi untuk meletakkan karangan bunga di depan patung Soedirman. Panitia pelaksanaan upacara kala itu, Fuji Gemki menyebut Jenderal Soedirman termasuk figur penting dalam sejarah Indonesia dan Jepang.

Setiap hari kemerdekaan RI, diadakan uacara tabur bunga di depan Patung Soedirman. Untuk menghormati jasa beliau sebagai pahlawan.

Rekomendasi