Pesan Rahasia di Parasut Pendaratan NASA di Mars, Bisa Tebak Artinya?

Tim Editor

Pola warna merah-putih di parasut yang membantu pendaratan Perseverance Rover di Mars, (18/2/2021), ternyata menyimpan sebuah pesan rahasia. (Foto: Jet Propulsion Laboratory/NASA)

ERA.id - Parasut yang membantu pendaratan robot penjelajah NASA di Mars, Perseverance, mengembang di angkasa pada 18 Februari dan, seperti terlihat di video berwarna yang diunggah di media sosial, tampak berisi ornamen warna-warni yang terkesan acak. Namun, seperti disebut NASA kemudian, pola warna itu tidak sepenuhnya acak.

Seperti disampaikan di The Verge, petinggi Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menjelaskan bahwa pola warna itu adalah pesan rahasia yang ditulis dalam kode biner komputer.

Dalam waktu singkat, dunia siber berusaha menemukan pesan tersebut. Pesan tersembunyi itu berhasil diketahui dalam waktu beberapa jam.

Pola warna merah dan putih itu ternyata mengandung ejaan dari kalimat "Dare Mighty Things" atau "Berani Lakukan Hal Besar". Kalimat bijak itu merupakan motto dari tim Perseverance dan juga tertera di dinding markas pusat Jet Propulsion Laboratory (JPL) milik NASA.

Sementara itu, lingkaran luar parasut mengandung kode koordinat kantor JPL yang ada di kawasan Southern California, AS: 34°11’58” N 118°10’31” W.

Allen Chen, pimpinan misi pendaratan Perseverance, adalah orang pertama yang menantang audiens dalam konferensi pers Senin lalu, untuk menemukan pesan tersembunyi itu. "Selain mewujudkan ilmu pengetahuan yang menakjubkan, kami ingin upaya kami bisa menginspirasi orang lain," kata dia.

"Kadang kami meninggalkan pesar di karya kami agar bisa ditemukan orang lain. Jadi saya undang Anda semua untuk mencobanya dan menunjukkan tebakan Anda."

Belakangan, Adam Steltzner, kepala teknisi Perseverance, mengonfirmasi pesan tersembunyi itu via Twitter, Senin petang.

Pesan tersembunyi parasut Perseverance

NASA juga telah menyematkan pesan tersembunyi di mesin-mesin penjelajah sebelumnya. Dilansir The Verge, robot penjelajah Curiosity, yang mendarat di Mars tahun 2012, memiliki lubang-lubang kecil di permukaan ban aluminiumnya agar kerikil yang masuk ke dalam ban bisa keluar.

Ternyata lubang tersebut bisa dieja "JPL" dalam kode Morse. Sehingga ketika Curiosity menjelajahi daratan Planet Merah, tertera "JPL" di permukaan tanah.

Allen Chen, kepada The Verge, mengatakan bahwa teknisi Perseverance telah meninggalkan lebih banyak pesan tersembunyi selain kalimat 'Dare Mighty Things' itu.

"Mereka masing-masing tak bisa menahan diri untuk meninggalkan sentuhan khas di karya tersebut," kata Chen. "Namun, sebagian besar dari pesan tersembunyi itu akan selamanya rahasia, bahkan oleh saya."

Tag: yang unik amerika serikat nasa Mars

Bagikan: