Imbas Polemik Barcagate di Barcelona, Bartomeu Ditangkap Polisi

Tim Editor

Bartomeu (Wikimedia)

ERA.id - Mantan presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu ditangkap pada Senin pagi (1/3/2021) ketika pasukan polisi Catalan menggerebek kantor klub Barcelona, dilansir dari Football Espana. Ia ditangkap karena dugaan berada di balik kasus 'Barçagate'-di mana klub menyewa perusahaan ketiga untuk mencemarkan nama baik rival mereka, baik di dalam maupun di luar klub, di media.

Pasukan polisi Catalan, Mossos, menggerebek fasilitas klub Barcelona pada Senin pagi dan mereka telah mengkonfirmasi bahwa penangkapan telah dilakukan sehubungan dengan kasus tersebut, tetapi belum mengungkapkan siapa yang termasuk di antara mereka yang akan ditahan.

Bartomeu tidak lagi terlibat dengan raksasa Catalan sejak dia dan dewannya mengundurkan diri dari jabatan mereka pada Oktober tahun lalu. Sementara CEO Oscar Grau, kepala bagian hukum Roman Gomez Ponti dan Jaume Masferrer-mantan tangan kanan Bartomeu-juga dilaporkan ikut ditangkap polisi.

Kisah 'Barçagate' muncul sehubungan dengan dokumen yang dilaporkan yang dikatakan menunjukkan cara kerja internal dan transaksi keuangan klub, yang menyebabkan kehebohan di media Spanyol.

Tahun lalu,  pertunjukan El Larguero Cadena Ser  mengungkapkan dokumen dari Barcelona yang tampaknya menunjukkan klub membayar pihak ketiga untuk merusak reputasi individu, termasuk pemain mereka sendiri Lionel Messi dan Gerard Pique - yang dianggap lawan presiden saat itu: Bartomeu.

Pihak ketiga adalah perusahaan I3 Ventures, yang diduga digunakan untuk mempromosikan pesan mereka sendiri baik di Twitter dan Facebook untuk mendiskreditkan orang lain.

Pada bulan September, El Mundo menguraikan bagaimana polisi Catalan mencurigai Bartomeu melakukan korupsi dan memberikan sanksi pembayaran kepada perusahaan yang enam kali lebih tinggi dari nilai pasar mereka.

Temuan keterlibatan Barcelona dengan perusahaan itu terungkap pada Februari tahun lalu, setelah Barcelona mengeluarkan pernyataan bantahan soal laporan dari stasiun radio Cadena Ser yang  mengklaim klub itu membayar pihak ketiga untuk merusak reputasi orang lain.

Klub Catalan selalu dengan keras membantah kebenaran dalam laporan tersebut. Mereka mengatakan bahwa mereka tidak membayar atau mempromosikan siapa pun untuk mengecam atau menyerang orang lain-yang telah menjadi lawan dewan saat ini.

Tag: barcelona bartomeu ditangkap

Bagikan: