The Power of 'Pawri', India dan Pakistan Mendadak Damai Gara-gara Video Gadis yang Sedang 'Party'

| 03 Mar 2021 15:22
The Power of 'Pawri', India dan Pakistan Mendadak Damai Gara-gara Video Gadis yang Sedang 'Party'
Dananeer Mobeen, perempuan berusia 19 tahun asal Pakistan yang viral lewat videonya di media sosial. (Foto: @Dananeer/Instagram)

ERA.id - Seorang perempuan Pakistan berusia 19 tahun tanpa sengaja viral di media sosial berkat video berdurasi lima detik, yang ternyata tak hanya disukai di tanah airnya tapi hingga ke subkontinen India, melampaui situasi konflik yang mewarnai hubungan kedua negara.

Dilansir Reuters, (3/3/2021), Dananeer Mobeen bercerita bahwa ia merekam sebuah video ketika tengah berada di pegunungan Nathaigali di sebelah utara Pakistan. Video berdurasi lima menit itu pun ia unggah ke Instagram dan memperlihatkan sekelompok gadis sedang bersenang-senang di pinggir jalan.

Sambil memperlihatkan suasana di sekitarnya, Mobeen berbicara dalam bahasa Urdu, "Ini mobil kami, dan ini kami, dan pesta kami sedang berlangsung."

Tanpa berpretensi apa-apa, ia dengan sengaja melafalkan kata 'party' (pesta) dalam bahasa Inggris menjadi 'pawri' sebagai candaan terhadap aksen warga di Asia Selatan yang kental. Tak disangka-sangka, hal tersebut sangat disukai di India dan Pakistan hingga menginspirasi sebuah hashtag yang viral di media sosial. Videonya juga ditiru ratusan kali.

"Video itu kubuat dengan asal. Aku awalnya tak berniat mengunggah video tersebut," kata Mobeen pada Reuters, sambil menambahkan betapa ia terkejut atas kekuatan platform media sosial dalam menciptakan suatu tren baru.

Gaya monolog 'pawri' kini telah menghiasi kampanye media sosial oleh kepolisian India dan Delhi Commission for Women. Video Mobeen juga direka ulang tidak hanya oleh aktor Bollywood, namun, juga sejumlah tentara India.

"Saya bersyukur atas apresiasi dari kedua negara," kata Mobeen yang senang bisa turut mengembangkan dialog antara India dan Pakistan.

Kedua negara tetangga itu, sama-sama memiliki senjata nuklir, telah terlibat perang satu sama lain sejak merdeka pada tahun 1947. Hubungan antarnegara kerap kali memburuk, khususnya terkait perbatasan di kawasan Kashmir yang sama-sama diklaim kedua negara.

Pekan lalu, militer India dan Pakistan bersama-sama menyatakan gencatan senjata di perbatasan Kashmir. Selama berbulan-bulan daerah tersebut diwarnai bentrok antar pasukan militer.

Sementara untuk Mobeen sendiri, videonya di media sosial membuatnya ditawari kesempatan akting hingga modelling. Namun, Mobeen mengaku ia sudah mantap menjajaki karir diplomatik untuk Pakistan.

Rekomendasi