Heboh! Tentara Israel Tembaki Menara Masjid di Palestina Saat Adzan Berkumandang, Fakta atau Hoaks?

Tim Editor

Beredar video yang diklaim menara masjid di Palestina ditembaki tentara Israel. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Beredar sebuah video melalui aplikasi pesan WhatsApp yang diklaim sebagai menara masjid di Palestina yang diberondong tembakan saat mengumandangkan adzan. Aksi itu disebut dilakukan oleh tentara Israel.

Video tersebut juga disertai narasi:

"Tentara Yahudi Israel menembaki menara Masjid yang sedang berkumandangkan Azan di Palestine. Tapi ALLAH SWT Tdk izinkan untuk roboh. Tetap kokoh berdiri . Allahu Akbar Subhanllah . Allahu Kuasa makhluk tidak kuasa."

Namun, setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, video tersebut bukan merupakan video menara masjid di Palestina yang ditembaki oleh tentara Israel, melainkan menara masjid di Irak yang ditembaki oleh Korps Marinir Amerika Serikat pada bulan Maret 2008 yang lalu. 

Video yang sama telah diunggah oleh kanal YouTube Michael Moore pada 16 Maret 2008, dengan judul video “WINTER SOLDIER: U.S. Marines Fire on Mosques Unprovoked”.

Dengan demikian, narasi yang beredar melalui pesan WhatsApp tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

Tag: israel-palestina palestina viral perang masjid penembakan amerika serikat Irak

Bagikan: