Moderna Uji Vaksin COVID-19 Terbaru, Bisa Disimpan di Suhu Kulkas Biasa

| 16 Mar 2021 10:24
Moderna Uji Vaksin COVID-19 Terbaru, Bisa Disimpan di Suhu Kulkas Biasa
Vaksin COVID-19 buatan Moderna Inc. (Foto: Marco Verch/Flickr)

ERA.id - Moderna Inc pada Senin, (15/3/2021), menyatakan telah mulai menyuntik relawan pertama dengan kandidat vaksin COVID-19 terbaru yang didesain agar bisa disimpan di kulkas biasa, alih-alih mesin freezer ekstra dingin.

Melansir dari Reuters, perusahaan tersebut menyatakan kandidat vaksin terbaru ini bakal memudahkan distribusi, terutama di negara berkembang yang masih belum memiliki rantai pasok dingin yang memadai.

Di uji klinis tahap awal ini, tim akan menilai keamanan dan tingkat pacuan sistem kekebalan tubuh (imunogenisitas) dari vaksin yang baru, yang dinamai sebagai mRNA-1283. Tim akan menilai tiga level dosis yang bakal diberikan ke relawan sehat usia dewasa.

Dosis vaksin akan diberikan dalam dosis tunggal atau dosis ganda yang berjarak 28 hari, demikian sebut perusahaan tersebut.

Moderna juga, di penelitian selanjutnya, bakal mempelajari vaksin mRNA-1283 ini sebaga kandidat dosis pemacu (booster).

Pekan lalu, Moderna telah mulai menjalankan uji klinis ke kandidat vaksin COVID-19 pemacu yang didesain untuk menangani varian B.1.351, varian virus corona yang pertama kali muncul di Afrika Selatan.

Kandidat vaksin pemacu ini, yang dinamai sebagai mRNA-1273.351, bakal diuji klinis atas kemanjurannya terhadap varian di atas dan juga sebagai vaksin multivalen, seperti diumumkan perusahaan tersebut.

Rekomendasi