Freediver Tahan Napas 3 Menit di Bawah Es, Cetak Rekor Dunia

| 29 Mar 2021 18:30
Freediver Tahan Napas 3 Menit di Bawah Es, Cetak Rekor Dunia
Arthur Guerin-Boeri, penyelam bebas asal Prancis. (Foto: Arthur Guerin-Boeri/Instagram)

ERA.id - Penyelam bebas asal Prancis, Arthur Guerin-Boeri, berhasil berenang sejauh 120 meter di bawah lapisan es dengan hanya bermodal satu tarikan napas, dan tanpa alat bantu apapun, sehingga mencetak rekor dunia di bidang freediving.

Seperti diberitakan CBS News, (26/3/2021), pencapaian menakjubkan pria umur 36 tahun tersebut - menahan napas selama tiga menit di air bersuhu super dingin - ini terjadi di sebuah danau di Finlandia, Kamis.

Dalam melakukan hal tersebut, delapan lubang dibuat dengan jarak 20 meter satu sama lain, di permukaan es yang menyelimuti danau tersebut. Sang atlet perenang bebas kemudian masuk ke dalam air hanya bermodalkan baju renang tebal dan berenang mengikuti sebuah panduan, demikian lapor CBS News.

Pencapaian itu bukannya tanpa persiapan. Guerin-Boeri, yang adalah lima kali juara dunia kejuaraan freediving, menghabiskan dua jam persiapan. Sebuah sauna didirikan di dekat lokasi agar ia bisa melakukan pemanasan. Sesampainya di lokasi penyelaman, ia melakukan latihan pernapasan selama satu jam.

Kepada Agence France-Presse (AFP), ia mengaku bahwa sebelum memasukkan diri ke dalam air ia akan mengembangkan paru-parunya "seperti balon"

"Ada rasa takut, cemas, dan ini sesuatu yang sedikit saya hindari. Namun, risiko yang saya ambil sudah saya perkirakan," kata dia.

"Saya berhasil menurunkan level stres saya, kemudian saya membiarkan diri hanyut dalam sesuatu. Ini sesuatu yang mistik, namun diperlukan dalam mencapai sesuatu seperti ini."

Pencapaian Guerin-Boeri terjadi satu bulan setelah perenang bebas asal Ceko, David Vencl, berhasil mencetak rekor dengan berenang sejauh 81 meter di bawah lapisan es dalam sebuah bekas tambang di kota Praha. Meski rekornya masih belum bisa diverifikasi, Vencly disebut-sebut sanggup menahan napas hingga 2 menit 42 detik.

Guerin-Boeri mengaku bahwa selama tiga menit menahan napas di air ia berenang dengan mengikuti kabel yang terbentang di atas dirinya.

"Di bawah lapisan es, saya merasa nyaman," kata dia. "Terlihat ada cahaya bulan yang membaur. Indah sekali."

Ia mengaku tidak terlalu terpengaruh dengan suhu air yang sangat dingin dan berencana mencoba kembali serta memecahkan rekor baru, satu tahun lagi, namun, hanya dengan memakai celana pendek.

CBS News menyebutkan belum jelas benar kapan organisasi Guinness World Records bakal memverifikasi rekor yang dicapai penyelam asal Prancis itu, karena organisasi yang bersangkutan masih harus mensertifikasi pencapaian perenang asal Ceko sebelumnya.

Rekomendasi