4 Berbagai Gerakan Yoga untuk Menenangkan Pikiran

| 30 Jul 2023 18:10
4 Berbagai Gerakan Yoga untuk Menenangkan Pikiran
Gerakan yoga child pose (pexels)

ERA.id - Salah satu hal yang bisa dipilih untuk menjaga kesehatan mental dan fisik adalah yoga. Yoga memiliki banyak gerakan yang bermanfaat, termasuk gerakan yoga untuk menenangkan pikiran.

Melakukan latihan yoga bisa melepaskan endorfin di dalam tubuh untuk meredakan kecemasan. Yoga juga bisa membuat tubuh menjadi lebih relaks karena otot-otot di tubuh mendapatkan peregangan.

Yoga menjadi salah satu cara untuk membendung dan mengolah berbagai stres yang muncul akibat rutinitas dan beban hidup. Dikutip Era.id dari Healthshots, berikut ini beberapa gerakan yoga untuk menenangkan pikiran.

Berbagai Gerakan Yoga untuk Menenangkan Pikiran

1. Uttanasana (standing forward fold pose)

Gerakan uttanasana mampu mengendurkan ketegangan pada otot paha, pinggul, dan hamstring. Gerakan ini juga bermanfaat dalam melawan stres, kelelahan, dan gejala depresi ringan.

Standing forward fold pose (pexels)

Untuk melakukan gerakan ini, Anda bisa berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul. Setelah itu, buang napas dan tekuk tubuh ke depan. Letakkan telapak tangan di tulang kering atau matras di bawah Anda.

Tahan pose tersebut selama 5 hingga 6 kali pernapasan. Setelah itu, lepaskan pose secara perlahan sembari menarik napas saat kamu kembali ke posisi berdiri.

2. Shavasana (corpse pose)

Gerakan ini biasanya dilakukan saat akhir latihan yoga. Shavasana menekankan pada relaksasi total melalui pemberian rasa nyaman pada tubuh. Kondisi istirahat bisa menenangkan sistem saraf, memperlambat pernapasan, dan membantu menurunkan tekanan darah.

Cara melakukan gerakan ini adalah dengan berbaring menghadap ke atas di matras. Setelah itu, letakkan tangan di samping tubuh dengan telapak tangan menghadap ke atas.

Beri jarak antara kedua kaki, biarkan ujung kaki mengarah ke luar. Letakkan tangan tidak terlalu dekat dengan tubuh, kemudian relakskan. Setelah itu, tutup mata, fokus pada pernapasan dalam, dan tahan selama 4 hingga 5 menit.

3. Bridge pose

Gerakan yoga ini mampu membantu Anda terlepas dari rasa lelah dan kecemasan. Selain itu, bridge pose bisa bermanfaat untuk melawan sakit kepala, insomsia, sakit punggung, dan sakit pinggang. 

Bridge pose (pexels)

Cara untuk melakukannya adalah dengan berbaring telentang dengan lutut ditekuk selebar pinggul. Tangan berada di samping kanan dan kiri dengan telapak tangan menghadap ke matras.

Setelah itu, tarik napas, angkat pinggul ke atas. Gunakan bahu, lengan, dan telapak kaki sebagai tumpuan. Angkatlah pinggul dengan tinggi agar bagian bekalang badang relaks.

Tahan pose tersebut selama 4 hingga 6 pernapasan. Setelah itu, turunkan pinggul sambil menghembuskan napas.

4. Balasana (child's pose)

Gerakan balasana efektif untuk meregangkan punggung bagian bawah, merelaksasi tulang belakang, menenangkan pikiran, dan meredakan stres.

Untuk melakukan gerakan ini, ambil posisi merangkak. Setelah itu, buang napas sambil dorong tubuh ke belakang. Tangan tetap di tempat sehingga terjulur ke depan, sementara kepala menghadap ke bawah. Jatuhkan pantan di atas tumit dan relakslah.

Rekomendasi