Langka, Kapal Pesiar 94 Meter Dituntun Melewati Kanal Sempit Belanda

Tim Editor

Project 817, kapal pesiar raksasa buatan perusahaan Feadship, sedang dipindahkan melalui kanal-kanal sempit di Amsterdam. (Foto: Feadship)

ERA.id - Peristiwa pemindahan Project 817, superyacht raksasa sepanjang 94 meter,  melewati kanal sempit Belanda jadi tontonan langka pekan lalu. Warga setempat memadati jembatan, gedung-gedung di pinggir kanal untuk melihat bagaimana kapal mewah itu dituntun menuju Laut Utara di Rotterdam.

Tontonan langka itu berhasil diabadikan oleh fotografer Tom van Oossanen. Beberapa potret yang ia publikasikan memperlihatkan bagaimana salah satu yacht paling besar di 2021 itu dituntun menggunakan kapal tunda, menyusuri kanal-kanal sempit, dan melewati rumah serta gereja tua.

Project 817

Oossanen sendiri mengatakan ada empat hingga enam kapal pesiar yang 'diantar' dari gelanggang kapal di Pulau Kaag setiap tahunnya. Namun, seperti dilaporkan CNN, (22/4/2021), menurutnya jarang ada kapal pesiar yang sebesar Project 817, atau yang kelak bakal dipanggil dengan nama 'Viva'.

Pulau Kaag di Belanda sendiri menjadi gelanggang kapal milik Feadship perusahaan yang membuat kapal pesiar ini (ada satu lagi gelanggang kapal di Aalsmeer, dekat Bandara Schiphol). Letak pulau tersebut menyebabkan setiap kapal yang dibuat harus diantar dengan sangat hati-hati seperti Project 817.

"Kedua gelanggang kapal cukup jauh dari Laut Utara. Jadi untuk memindahkan yacht ke laut, kapal-kapal itu harus dituntun lewat kanal-kanal kecil menuju Rotterdam," jelasnya. "Tidak ada cara lain."

Project 817

Beberapa bagian kanal yang menjadi rute perjalanan kapal pesiar Project 817 hanya menyisakan sedikit ruang di luar badan kapal yang memiliki lebar 13,6 meter itu. Oossanen bahkan menyatakan bahwa kapal-kapal pesiar yang dibuat Feadship "didesain agar bisa dipindah lewat kanal".

"Mereka memaksimalkan desain kapal dengan memperhatikan tinggi jembatan dan lebar kanal, yang mana hal tersebut sangat menarik," kata dia.

Feadship mengatakan proses transfer kapal pesiar dari gelanggang menuju Rotterdam biasanya perlu beberapa hari, tergantung sejumlah faktor, seperti kekuatan angin dan jadwal jembatan. Proses pemindahan Project 817 sendiri membutuhkan waktu empat hari.

Tim berisi lima orang ahli dan satu kru biasanya berada di dalam superyacht ini ketika kapal ditarik dan diarahkan oleh dua kapal taunda, seperti disebutkan oleh Feadship.

Tag: Belanda Kapal pesiar

Bagikan: