Petenis Naomi Osaka Juga Manusia, Berhak Bungkam di Turnamen French Open

| 28 May 2021 12:30
Petenis Naomi Osaka Juga Manusia, Berhak Bungkam di Turnamen French Open
Petenis nomor 2 dunia, Naomi Osaka. (Foto: @naomiosaka/Instagram)

ERA.id - Salah satu bintang tenis dunia, Naomi Osaka, pada Rabu, (27/5/2021), menyatakan akan bungkam pada media selama penyelenggaraan turnamen tenis French Open tahun ini. Ia menyebut pertanyaan jurnalis kerap kali membebani kesehatan mental seorang petenis.

"Saya kerap berpikir orang tidak mau menggubris kesehatan mental para atlet, dan hal ini nyata ketika saya melihat sebuah konferensi pers atau terlihat di dalamnya," sebut Osaka, petenis putri nomor 2 dunia, dalam sebuah posting Instagram dan unggahan di Twitter.

"Kami kerap menjawab pertanyaan yang sebelumnya telah ditanyakan berulang kali, atau ditanyai hal-hal yang membuat kami meragukan pikiran kami. Saya tidak ingin dikendalikan seseorang yang meragukan saya," sebut dia.

Di posting tersebut, sang bintang tenis asal Jepang itu menyatakan ada banyak video klip di mana atlet menangis di tengah konferensi pers pasca mengalami kekalahan. Ia menyebut memberi pertanyaan menohok setelah atlet kalah dalam sebuah laga setara seperti "menendang seseorang saat ia terjatuh."

Keputusan Osaka ini pun bisa berdampak ia didenda hingga 20 ribu dolar AS. Turnamen setingkat Grand Slam mewajibkan pemain mengikuti konferensi pers kecuali bila pemain mengalami cedera dan tidak mungkin tampil secara langsung.

Namun, tak jarang beberapa pemain memilih membayar denda daripada harus menemui media.

Petenis Venus Williams, juara Grand Slam tujuh kali, mengomentari postingan Osaka: "Oh girl, lakukan saja. Hidupmu adalah milikmu!" Seperti dilansir NBC News, Venus dan saudarinya, legenda tenis Serena Williams, sebelumnya sudah pernah didenda akibat tidak muncul dalam konferensi pers di turnamen besar.

Dalam unggahannya, Osaka menyebut keputusan diambil bukan karena alasan pribadi terhadap turnamen. Ia juga mengaku "berhubungan baik" dengan kebanyakan jurnalis yang meliput acara olahraga.

NBC News belum mendapatkan komentar dari French Open, Women's Tennis Association dan International Tennis Federation terkait rencana Naomi Osaka ini.

Naomi Osaka melesat ke posisi runner-up dunia setelah menunjukkan performa yang gemilang sejak 2018. Saat ini ia telah mengantongi empat titel Grand Slam saat usianya baru 23 tahun.

Awal bulan ini, Naomi Osaka dinobatkan sebagai Sportswoman of the Year dalam penghargaan bergengsi Laureus World Sports Awards.

Rekomendasi